25 June 2018

Pertamina MOR V Launching Agen Elpiji Syariah untuk Berdayakan Pesantren

KONFRONTASI -     Dalam rangka turut mengembangkan perekonomian syariah di kalangan santri, Pertamina Marketing Operation Region V Jatim Balinus melaunching Agen Elpiji Syariah pertama di Indonesia, tepatnya di Pondok Pesantren Al Fattahiyah Dusun Miren Tulungagung, Jawa Timur.

Acara ini dihadiri oleh Domestic Gas Region Manager V Hardjono, Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kabupaten Tulungagung Drs Bambang Ermawan M.Pd, Pengasuh Pondok Pesantren Al Fattahiyah Kyai Anang dan Pengasuh Pondok pesantren Mambaul Hikam Mantenan Udan Awu Kyai Dlia Udin.

Menurut Hardjono, Agen Elpiji Syariah ini menggunakan Pesantren sebagai jalur distribusi LPG Non Subsidi. Di mana dengan adanya outlet tersebut para santri dapat belajar mengenai manajemen pemasaran dan berwirausaha sebagai bekal kehidupan nantinya.

Sistem pemasaran Agen Elpiji Syariah ini yaitu sistem bagi hasil, Di mana tabung akan dipinjamkan oleh pihak agen dan keuntungan yang didapat akan dibagi dua sesuai dengan kesepakatan. Program ini sejalan dengan dengan program Direktorat Pemasaran Pertamina yaitu Pertamina Spiritual Marketing, bagaimana bisnis yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kabupaten Tulungagung Drs Bambang Ermawan M.Pd mengatakan, sudah saatnya masyarakat yang mampu mengunakan LPG Non Subsidi dan lebih memahami bahwa LPG 3 kg hanya diperuntukkan untuk masyrakat miskin. Kehadiran outlet LPG Syariah ini dapat memberikan pilihan kepada msyarakat dalam membeli LPG Non Subsidi sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik .

"Program ini sangat membantu kami terutama dalam menjaga meningkatkan kesejahteraan pesantren umumnya dan para santri, di mana para santri juga dapat belajar secara langsung mengenai bisnis," ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Al Fattahiyah Kyai Anang.

Saat ini, sudah ada 3 outlet Agen Elpiji Syariah di Kota Tulungagung dan 3 outlet Agen Elpiji Syariah di Blitar. Ke depannya akan terus dikembangkan di kota-kota lainnya.(Juft/Surya)

Category: 
Loading...