Pemusnahan Persediaan Daging Pasti Memengaruhi Harga

KONFRONTASI - Adanya indikasi pemusnahan 6 juta daging ayam yang dilakukan pemerintah dan berimbas kepada melonjaknya harga daging ayam di sejumlah daerah, membuat Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah Perwakilan Daerah (KPD) Medan, Senin (11/1/2016) melakukan sidak.

Kepala KPPU KPD Medan, Abdul Hakim Pasaribu, di sela-sela sidak di Pasar Brayan Medan, menuturkan, sidak yang dilakukan tersebut untuk meninjau harga-harga daging sapi dan daging ayam yang memang hingga saat ini terus mengalami kenaikan di pasar-pasar tradisional.

“Kita mengkhawatirkan dampak dari pemusnahan stok daging ayam yang sebanyak 6 juta itu berdampak terhadap kenaikan harga daging ayam di pasaran,” ujarnya.

Ia menerangkan, hal tersebut menjadi tidak wajar, karena sebelum lebaran didapatkan harga daging ayam sudah Rp 25ribu sampai Rp 30ribu per kilogramnya. KPPU ingin melihat apakah hal tersebut terjadi karena adanya penahanan stok, atau memang karena gejolak kekurangan pasokan biasa.

“KPPU juga akan berkoordinasi dengan dinas perindustrian dan perdagangan terkait dengan pasokan tersebut. Kekhawatiran KPPU terkait pemusnahan stok ayam yang dilakukan di pusat tersebut yaitu, kalau hal tersebut tetap dilakukan pemerintah maka akan berdampak terhadap kenaikan harga,” terangnya.

Ia mengungkapkan, KPPU mengusulkan supaya ada alternatif-alternatif kebijakan lain di luar pemusnahan Parent Stock. Contohnya kebijakan sosial yang mengalokasikan ke daerah-daerah yang di luar sentral-sentral produksi ayam. Bukan memusnahkan induk ayam karena dikhawatirkan akan terjadi kelangkaan dalam jangka waktu tertentu kalau dilakukan pemusnahan.

“Pemusnahan ayam kemaren terjadikan karena pasokan yang berlimpah dan perusahaan ayam meminta pemerintah memfasilitasi pemusnahan ayam tersebut. Kalau tidak difasilitasi pemerintah maka akan kena sama KPPU,” ungkapnya.

Ia menerangkan, saat itu pemusnahan dagimg ayam terjadi karena stok ayam berlebih, oleh karena itu perusahaan-perusahaan ayam meminta ada 6 juta stok ayam dimusnahkan dan menurut KPPU tindakan seperti itu tidak pas. Karena berdampak kepada terhadap kenaikan harga dan hal tersebut merugikan masyarakat.(tRIBUN)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...