13 December 2019

Pasokan Berkurang, Harga Cabai TW dan Bawang Merah Alami Kenaikan di Pasar Sukabumi

Konfrontasi - Data Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi, Jawa Barat mencatat pada pekan kedua Fabruari harga cabai merah TW dan bawang merah mengalami kenaikan.

“Kenaikan harga kedua komoditas bumbu dapur tersebut dikarenakan pasokan yang berkurang, tetapi untuk persediaan masih mencukupi,” kata Kepala Diskop UKM dan PP Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, Sabtu (10/2/2018).

Adapun harga cabai merah TW saat ini dijual secara eceran di pasar tradisional Rp40 ribu/kg atau naik Rp4 ribu/kg dibandingkan harga pekan lalu. Sementara untuk bawang merah naik dari Rp18 ribu/kg menjadi Rp20 ribu/kg.

Menurutnya, penaikan harga ini masih dalam batas kewajaran dan masih diimbangi oleh persediaan komoditas tersebut di pasaran. Fluktuasi harga ini juga dipengaruhi oleh cuaca yang dalam beberapa hari terakhir turun hujan deras.

Sehingga, harga cabai dan bawang merah tersebut harganya meningkat. Tetapi, diperkirakan harga ini tidak akan bertahan lama dan akan kembali turun karena beberapa daerah penghasil sudah mulai panen.

“Kami terus melakukan pemantauan harga secara rutin setiap harinya juga mengawasi distribusi serta persediaan barang di pasaran,” tambahnya.

Di sisi lain, Ayep mengatakan untuk komoditas cabai rawit hijau harganya malah turun dari Rp40 ribu setiap kilogramnya menjadi Rp36 ribu/kg. Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti beras, minyak goreng, daging ayam, tepung terigu dan lain-lain masih normal dan persediaan pun cukup melimpah. (akt/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...