Pasar Saham Eropa Ditutup Naik Tajam

KONFRONTASI - Pasar-pasar saham Eropa ditutup berbalik naik tajam pada Senin, karena pedagang menarik napas lega atas berkurangnya ketegangan di Ukraina timur dan kemenangan oleh pasukan yang didukung Barat di Irak.

Indeks utama DAX di Frankfurt bertambah 1,68 persen menjadi mengakhiri hari di 9.245,33 poin, lapor AFP.

Indeks utama FTSE 100 di London naik 0,78 persen menjadi 6.741,25 poin, sementara indeks CAC 40 di Paris naik 1,35 persen menjadi 4.230,65 poin, dibandingkan dengan penutupan Jumat.

"Pasar Eropa sebagian besar menindaklanjuti pemulihan Jumat lalu dari aksi jual besar-besaran yang dipicu oleh bentrokan antara kekuatan militer Ukraina dan Rusia," kata Jasper Lawler, seorang analis pasar di CMC Markets.

"Rencana sebuah pertemuan antara Rusia dan Ukraina yang dimediasi oleh Prancis dan Jerman telah memicu persepsi bahwa perseteruan antara kedua negara itu dapat menyebar."

Pasar saham Eropa turun pada Jumat didorong berita bahwa artileri Ukraina telah menghancurkan bagian dari kolom militer Rusia yang memicu ketakutan para investor.

Tetapi Rusia pada Senin mengatakan bahwa "kemajuan tertentu" telah dibuat selama pertemuan maraton di Berlin antara menteri luar negeri kedua negara dan rekan-rekan mereka dari Jerman dan Prancis.

Di Irak, pejuang Kurdi yang didukung oleh pesawat-pesawat tempur AS melakukan serangan balasan terhadap kelompok militan setelah merebut kembali bendungan terbesar di negara itu, karena Amerika Serikat dan Inggris meningkatkan dukungan militer mereka.

"Pasar ekuitas Eropa bergerak menguat, karena ada peningkatan rasa bahwa sekarang aman untuk masuk kembali ke pasar," kata David Madden di IG Markets.

Saham AS juga didorong lebih tinggi, karena tawaran baru dalam pertarungan untuk toko dolar terbesar negara itu memicu saham-saham pengecer bergerak naik.

Peritel Dollar Tree mengumumkan rencana untuk mengakuisisi saingannya Family Dollar senilai 9,2 miliar dolar AS termasuk utang dalam kesepakatan yang akan menciptakan sebuah pengecer diskon terbesar dengan lebih 13.000 toko di seluruh Amerika Utara.

Dalam transaksi sore hari, Dow Jones Industrial Average naik 1,01 persen pada 16.831,26.

Indeks berbasis luas S&P 500 bertambah 0,86 persen pada 1.971,79, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 0,98 persen menjadi 4.508,80.[ant]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...