Papua Pelajari Kualitas TBS CPO Riau

Konfrontasi - Dinas Perkebunan Provinsi Papua magang selama empat hari di Riau untuk mempelajari kualitas TBS CPO Riau terkait daerah ini memiliki lahan perkebunan sawit terluas di Indonesia.

"Lahan perkebunan CPO Riau kini mencapai 2.388.172 hektare dan menjadi lahan perkebunan nomor satu terluas di Indonesia sedangkan Papua hanya seluas 500 Hektare," kata Ketua tim Pelaksana harga tanda buah segar kelapa sawit Riau, Ir. Hayati di Pekanbaru, Selasa (4/8).

Menurut dia, dengan lahan terluas di Indonesia maka produksi CPO Riau juga cukup besar sehingga kualitas CPO dan rendemen harus terus dijaga karena bisa mempengaruhi harga.

Ia mengatakan, untuk mempelajari kualitas TBS CPO Riau maka ketua rombongan Papua diwakili Kabid P2HP Dinas Perkebunan Provinsi Papua, Frans menyebutkan rombongan berjumlah sembilan orang itu akan magang pada 4-7 Agustus 2015.

"Setelah berkunjung ke kantor Dinas Perkebunan Provinsi Riau, mereka juga akan melanjutkan kunjungan ke PT Astra Agro Lestari Group," katanya.

Selain kualitas TBS CPO Riau, katanya lagi, Disbun Papua pada kesempatan itu yang juga membawa pengurus Gapsindo, mereka akan mempelajari rendemen kernel TBS CPO Riau.

Berdasarkan data Disbun Riau tercatat luas kebun sawit Riau 2.388.172 hektare, sedangkan kebun petani swadaya dan plasma 1.348.074 hektare, dengan jumlah petani 526.350 KK. Sedangkan produksi CPO mencapai 7.570.854 ton. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...