14 June 2021

Mulai Tahun Depan, PNS Dapat Bantuan Rumah Murah

Konfrontasi - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan menyediakan fasilitas perumahan bagi PNS, mulai 2021. Fasilitas rumah murah ini dikhususkan bagi yang belum memiliki tempat tinggal dengan bunga khusus. Bantuan pembiayaan dengan bunga khusus sebesar 5% sangat memudahkan PNS dalam menyicil.

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro mengungkapkan, tidak semua PNS yang akan mendapatkan bantuan bunga khusus ini.

"Yang prioritaskan PNS yang belum punya rumah. Jadi bunga 5% untuk rumah pertama," kata Eko Ariantoro dalam rakornas kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) virtual, Kamis (17/12/2020).

Dia menyebutkan, data yang diperoleh BP Tapera, dari 4,1 juta PNS, sebanyak 900 ribu PNS belum memiliki tempat tinggal. Mereka inilah yang menjadi sasaran utama BP Tapera untuk bantuan rumah murah.

Sedangkan PNS yang sudah memiliki rumah, bisa mendapatkan manfaat dari Tapera berupa bantuan renovasi. Bagi yang punya lahan bisa membangun rumahnya sendiri dengan dana Tapera.

"Kalau sudah punya rumah, renovasi, PNS tetap mendapatkan manfaat. Sesuai aturan undang-undang, Taperanya ini akan dikembalikan kepada PNS kalau sudah pensiun," ucapnya.

Tidak hanya PNS, BP Tapera juga akan memberikan fasilitas serupa bagi TNI/Polri. Rencananya bantuannya diberikan pada 2022.

"TNI/Polri akan dapat juga bantuan fasilitas rumah murah dengan syarat rumah pertama. Kalau grand desain kami dimulai 2022," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, BP Tapera ikut mendukung program pemerintah dalam pengadaan sejuta rumah murah. Nantinya BP Tapera akan berkolaborasi dengan PT Taspen.

Untuk meningkatkan manfaat peserta Tapera, Eko Ariantoro mengatakan, pihaknya beradaptasi dengan perkembangan digital atau fintech atau layanan berupa benefit Tapera. Ada 174 jenis bisnis di sektor perumahan yang akan dikembangkan BP Tapera dalam platform digital. 

"Nantinya bukan hanya tabungan setelah pensiun dan fasilitas perumahan yang dikembangkan BP Tapera tetapi layanan lainnya agar semakin banyak manfaat yang diterima peserta," pungkasnya. (jp/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...