21 November 2017

Menko Darmin: Makin Lama, Makin Susah Entaskan Kemiskinan

KONFRONTASI-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan semakin lama tingkat kemiskinan akan semakin susah diturunkan, apalagi untuk membawa persentase penduduk miskin ke angka di bawah 10 persen.

"Memang makin lama masih susah mengentaskan yang 10 persen, karena orang miskin tidak sebanyak dulu. Turun ke bawah 10 persen tidak mudah," kata Darmin ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin.

Ia berpendapat upaya yang sebaiknya dilakukan pemerintah adalah dengan mendorong implementasi kebijakan pemerataan.

Mantan Gubernur BI tersebut mengatakan rancangan program pemerataan kesejahteraan baru mulai dijalankan sedikit, sehingga belum mampu memberikan dampak signifikan mengurangi tingkat kemiskinan.

Selain itu, kata Darmin, utang pemerintah juga dirasa belum berdampak pada penurunan tingkat kemiskinan karena masih difokuskan untuk pembangunan infrastruktur.

"Utang pemerintah banyak yang arahnya ke infrastruktur. Kalau baru pinjaman dibuat tapi belum ada pembangunannya ya tidak akan menurunkan (kemiskinan). Pada waktu pembangunan berjalan, pengaruhnya bagus karena orang yang bekerja di pembangunan umumnya menengah ke bawah," ucap Darmin.

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...