Mantap, Runway Ketiga Bandara Soetta Bisa Layani 120 Penerbangan/Jam

Konfrontasi - Pemerintah memastikan landasan pacu (runway) ketiga di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada Juni 2019. Hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

"Runway ketiga seperti kata bapak presiden, kita janji, Juni bisa kita selesaikan," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, di Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (5/5/2019).

Lanjut Menteri Rini mengatakan, apabila nanti sudah beroperasi maka pergerakan penerbangan dan pendaratan (traffic) pesawat akan meningkat signifikan. Menurut perhitungannya, nantinya akan ada 120 traffic pesawat setiap jamnya.

"Diharapkan dengan runway ketiga, bisa sampai 120 pesawat pergerakan dalam satu jam. Jadi nanti kalau runway ketiga beroperasional 1 jam bisa 120," paparnya.

Sambung dia menambahkan, saat ini proses pembangunan runway sudah memasuki tahap finalisasi. Dimana sampai saat ini proyek sudah mencapai 87%. "Saya harapkan dengan terselesaikan runway ketiga, semakin baik pelayanannya dan juga menjadi yang teramai," jelasnya.

Sebelumnya PT Angkasa Pura II (Persero) menerangkan dana pembangunan runway ketiga mencapai Rp2 triliun, sementara itu dana pembebasan lahan mencapai Rp4 triliun dengan total Rp6 triliun. Total lahan yang dibutuhkan adalah 216 hektare guna membangun runway berukuran 3.000 x 60 meter persegi itu. (snd/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...