Kementerian Perhubungan Sarankan Calon Penumpang Beli Tiket Online Jika Ingin Cepat Nyeberang

Konfrontasi - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo menyarankan agar pemudik yang menggunakan fasilitas kapal penyeberangan Merak-Bakauheni, menggunakan pemesanan tiket secara online karena memiliki keuntungan yaitu adanya jalur khusus serta dapat langsung menaiki dermaga.

"Kami mengimbau pemudik gunakanlah fasillitas online agar pelayanan lebih cepat dan lebih baik. Selain itu, per transaksi di gardu juga lebih cepat dibanding dari yang membayar langsung serta lebih cepat naik ke kapal," ungkap dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (24/6/2017).

Menurut dia, fasilitas online akan lebih terukur, karena dengan membeli tiket secara online maka pemudik akan diberikan jalur khusus untuk naik ke dermaga sehingga waktu mengantre atau menunggu untuk naik ke dermaga lebih cepat.

"Dengan jaminan 1 jam pemudik bisa langsung berangkat," jelasnya.

Pada kunjungan ke Pelabuhan Merak, Sugihardjo mengungkapkan ada dua pelayanan terbaru yang dilakukan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak. Pertama, adalah layanan pemberangkatan mudik secara online dan berjadwal yang baru diterapkan tahun ini, dan terhitung mulai 1 Juni 2017 pemudik penyeberangan Merak-Bakauheni dapat membeli tiket secara online.

"Kami berharap tercapai 40% (pembelian tiket online) sehingga dari 17 gardu tiket separuh kami rencanakan dipakai untuk online tapi dalam pengembangannya yang menggunakan jasa online hanya sekira 15%-20%, sehingga dengan demand seperti itu loket yang khusus untuk online kita berikan tiga jalur dan tiga jalur tersebut akan digunakan secara proporsional," ujarnya.

Sugihardjo menjelaskan, sampai saat ini para pemudik kendaraan roda empat yang menggunakan fasilitas online baru sekira 20%. "Mungkin karena ini baru pertama kali dilakukan sehingga sebagian masyarakat belum terbiasa," katanya.

Sementara itu, pelayanan kedua yang diberikan ASDP adalah, layanan pemasangan tenda untuk melayani pemudik motor. "Sebelum menuju loket ada tenda dengan kapasitas 3.000 motor dan untuk melayani mereka yang sedang menunggu kita memberikan hiburan berupa musik live beserta penyanyinya," tukasnya. (oke/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA