4 April 2020

Kebijakan Trump Dorong Kenaikan Suku Bunga?

KONFRONTASI - Minggu pertama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bekerja, sebuah lonjakan dalam bisnis dan kepercayaan konsumen  telah mendorong Federal Reserve atau the Fed menuju seri berkelanjutan terkait kenaikan suku bunga acuan lebih dari satu dekade. Kondisi itu terjadi meski ada kelangkaan terkait kebijakan tegas.

Sebuah langkah oleh Ketua the Fed Janet Yellen pada Jumat akan menutup kebijakan di mana para pembuat kebijakan the Fed berbaris di belakang keputusan guna meningkatkan suku bunga segera. Peningkatan seperempat poin itu tentunya melihat situasi dan kondisi terkini.

"Kasus untuk kenaikan suku bunga di Maret telah datang bersama-sama," kata Gubernur Fed Jerome Powell, dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari Reuters, Jumat 3 Maret 2017.

Lebih dari 10 persen pasar ekuitas mengalami lompatan sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) pada November lalu dan menambah kekayaan rumah tangga serta menjadi petanda baik dari sisi belanja rumah tangga secara berkelanjutan. The Fed melaporkan bahwa pelaku bisnis siap melakukan investasi sekarang ini.

Ekspektasi memainkan peran penting mengenai bagaimana kebijakan moneter melihat ekonomi dunia, dan lonjakan optimisme mungkin menjelaskan mengapa pejabat Fed begitu banyak di minggu ini menumpuk pada gagasan untuk menaikkan suku bunga pada Maret.

Investor sekarang melihat kenaikan suku bunga di Maret sebagai probabilitas di 80 persen cukup signifikan dengan investor juga melihat adanya kenaikan suku bunga dua kali di tahun ini. Namun demikian, masih perlu melihat secara mendalam terkait perkembangan ekonomi sekarang ini.

Selain itu, investor sekarang ini juga percaya the Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,75 ke 1,00 selama pertemuan FOMC Maret. Menurut alat Fedwatch CME Group, probabilitas tersirat saat ini untuk menaikkan suku bunga mencapai 78 persen pada pertemuan Maret dan 70 persen untuk pertemuan Mei.[ptv/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...