Kalah Bersaing, Produksi Mazda2 Dihentikan

Konfrontasi - Model mSobil selalu berganti setiap tahun. Ada yang digantikan varian baru, ada juga yang sekadar bersalin rupa. Namun banyak model mobil yang kemudian hilang dari pasaran lantaran sudah tidak diproduksi alias diskontinyu.

Banyak alasan yang membuat pabrikan menyetop produksi satu jenis mobil. Alasan paling umum adalah tidak laku di pasaran. Alasan lain, muncul rencana untuk mengganti varian lama dengan model baru, lantaran ada perubahan teknologi dengan biaya yang cukup mahal.

Di Amerika Serikat, ada beberapa model yang mengalami diskontinyu mulai akhir 2014.

1. Toyota FJ Cruiser

Sport utility vehicle (SUV) Toyota FJ Cruiser model baru muncul di pasaran Amerika sejak 2006. Sesaat setelah meluncur, penjualannya melejit hingga 56.225 unit. Namun penjualannya terus merosot, besar kemungkinan akibat kalah bersaing dengan Hummer atau model-model baru besutan Jeep. Kini, Toyota FJ Cruiser masuk fase diskontinyu di Amerika.

2. Mazda2

Mazda2 model lama tak lagi diproduksi karena telah berganti wajah. Untuk pasar Amerika Serikat, Mazda2 mengalami perombakan dan hasil desain barunya akan dibuat di Meksiko. Rencananya, Mazda2 model baru akan dipaarkan mulai tahun depan.

3. Chevrolet Captiva

General Motors memperkenalkan Chevrolet Captiva pada 2011. Awalnya, Captiva diluncurkan untuk armada kendaraan komersil dan kebutuhan jasa penyewaan mobil. Puncak penjualan Captiva di Amerika terjadi pada 2013, dengan kuantitas 47.600 unit. Namun produksinya bakal dihentikan, lantaran Chevrolet punya banyak model untuk kelas medium SUV.

4. Acura TSX dan TL

Acura, sub-merek kendaraan mewah milik Honda Motor Company, akan menghentikan produksi sedan Acura TSX dan TL mulai tahun ini. Dua sedan ini akan digantikan oleh Acura TLX, yang punya nuansa sport kental.

5. Nissan Murano

Di Amerika, Nissan Murano varian CrossCabriolet akan disetop produksinya mulai tahun ini. Model dengan atap yang bisa dibuka rupanya kurang laris dibandingkan dengan versi crossover biasa. Model standar ini pun cukup populer di luar Amerika.

 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...