18 November 2018

Jenuh Jual, Bursa Asia Menguat Di Perdagangan Pagi

KONFRONTASI -   Bursa Asia menguat tipis pada perdagangan Selasa (16/10), setelah mengalami tekanan pada perdagangan belakangan. Namun, rebound di kawasan regional ini lebih dikarenakan telah mengalami penurunan dalam sejak pekan lalu. Sementara investor tetap memperhatikan sentimen geopolitik yang lebih tegang dengan adanya kasus menghilangnya jurnalis Saudi. 

MSCI Asia Pasifik di luar Jepang menanjak 0,25%, setelah pada Kamis menyentuh level terendah dalam 19 bulan. Indeks Nikkei di Jepang melompat 0,3%, setelah turun 2% pada perdagangan sebelumnya. 

Jurnalis Arab Saudi yang menjadi kontributor Washington Post menghilang di konsulat Saudi di Turki, menjadi perhatian pasar saat ini. Amerika Serikat menyebut akan memberi hukuman jika Saudi terbukti terlibat dalam menghilangnya Jamal Khashoggi.

"Fokus pasar telah beralih ke Timur Tengah karena insiden Saudi. Dan dengan saham AS masih melemah, pasar ekuitas lainnya akan memiliki waktu yang sulit rebound dengan mantap," kata Masahiro Ichikawa, senior strategist Sumitomo Mitsui Asset Management di Tokyo, seperti dikutip Reuters.

Ketagangan AS dan Saudi ini juga mengantar harga minyak mentah dunia lebih tinggi. Harga Brent misalnya naik 0,15% menjadi US$ 80,90 per barel, naik 0,4% dari perdagangan Senin.(Jft/Kontan)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...