Jelang New Normal, Ini Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional

Konfrontasi - Pasar tradisional akan menjadi salah satu objek penerapan new normal yang diperkirakan dimulai Juni 2020. Protokol kesehatan Covid-19 pun disiapkan.

Deputi Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Safri Burhanuddin mengatakan, aturan new normal di pasar tradisional sudah disusun oleh Kementerian Perdagangan.

"Pasar rakyat tradisional ini sudah ada peraturannya, kita akan lakukan sesuai protokol dari Kemendag soal penggelaran pasar tradisional secara step by step, penjual dan pembeli harus pakai masker dan lain-lain, dan yang masuk juga harus dibatasi," ujar Safri, Minggu (31/5/2020).

Menurut Safri, ketentuan ini juga berlaku di berbagai pasar, termasuk pasar ikan. Di samping masker, dia menekankan pentingnya jaga jarak (physical distancing) supaya penularan virus corona bisa dicegah.

"Yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan," ujarnya.

Selain itu, Safri menyebut, new normal di pasar tradisional juga mengatur berbagai hal seperti pembatasan jam operasional, pengaturan jumlah kunjungan, pembatasan waktu sirkulasi pengunjung, serta penyusunan SOP di tempat-kegiatan perdagangan. (inws/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA