Jelang Imlek, Stok Cabai Merah di Pangkalpinang Aman

Konfrontasi - Stok cabai merah di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung cukup untuk memenuhi permintaan warga menjelang perayaan Imlek karena pasokan dari luar daerah lancar.

"Saat ini pasokan dari Jawa, Palembang, dan Medan mulai banyak dan lancar sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen menjelang perayaan Imlek, sementara harga masih bertahan stabil," kata seorang pedagang, Neti di Pangkalpinang, Senin (9/2).

Ia menjelaskan, saat ini harga cabai merah bertahan Rp28 ribu per kilogram, cabai hijau Rp20 ribu per kilogram, sedangkan cabai rawit hijau Rp35 ribu per kilogram dan cabai rawit merah Rp40 ribu per kilogram.

Sementara itu harga bawang merah juga masih bertahan Rp20 ribu per kilogram dan bawang putih Rp15 ribu per kilogram.

"Selain stok cabai merah yang cukup, stok cabai rawit dan bawang juga mencukupi untuk memenuhi permintaan konsumen jelang Imlek sehingga masih bertahan stabil hingga kini," ujarnya.

Menurut dia, pasokan yang lancar itu karena didukung hasil panen petani yang mulai meningkat seiring musim hujan yang terjadi saat ini. Selain itu pengiriman pasokan juga masih lancar.

"Sepertinya panen cabai mulai meningkat seiring pasokan yang datang lebih banyak dibanding sebelumnya. Rata-rata untuk mencukupi kebutuhan warga pedagang mendatangkan pasokan dari luar daerah untuk menjaga kestabilan harga serta menghindari kelangkaan," ujarnya.

Demikian juga dengan Andi, pedagang lainnya yang mengatakan stok cabai cukup karena pasokan lancar dan harga masih bertahan stabil.

Ia mengatakan, saat ini pasokan cukup mudah didapat dan pengiriman juga masih lancar sehingga warga tidak perlu khawatir terhadap lonjakan harga yang tinggi menjelang Imlek.

"Rata-rata pasokan didatangkan menggunakan jasa angkutan kapal laut karena ongkosnya lebih murah dibanding menggunakan jasa angkutan udara," ujarnya. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA