Ingin Punya Kartu Kredit? Yuk, Cari Tahu Dulu Keuntungan Dan Kerugiannya

Pilihan sistem pembayaran yang ditawarkan kini semakin beragam. Anda pun harus selektif dan cermat dalam memilih. Salah satu jenis sistem pembayaran yang sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat adalah kartu kredit. Apa sih bedanya kartu kredit dengan kartu debit? Kartu debit merupakan kartu pembayaran elektronik terbitan bank yang dapat digunakan jika saldo rekening terisi.

Kartu debit adalah alat pembayaran yang dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai. Sedangkan kartu kredit adalah kartu pembayaran elektronik yang menggunakan sistem kredit. Kartu kredit dapat digunakan tanpa perlu memiliki saldo rekening karena bank akan meminjamkan uang kepada pengguna kartu kredit. Secara fungsi, kartu kredit hampir mirip dengan kartu debit. Kartu kredit juga dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai saat melakukan pembayaran.

Untuk bisa mendapatkan kartu kredit, ada syarat-syarat yang harus Anda penuhi. Syarat pertama tentu saja Anda harus telah berusia minimal 21 tahun serta memiliki penghasilan tiap bulannya. Untuk syarat minimal penghasilan, masing-masing bank memiliki patokan yang berbeda, namun umumnya penghasilan minimal untuk mengajukan kartu kredit adalah Rp3.000.000 perbulan. Beberapa identitas pendukung seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi NPWP, fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir, dan slip gaji biasanya juga akan diminta.

Pengajuan kartu kredit di zaman sekarang ini sangatlah mudah. Anda cukup membandingkan, memilih dan mengajukan kartu kredit sesuai kebutuhan Anda di Financer.com secara gratis.Namun,sebelum memutuskan untuk mengajukan kartu kredit, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dulu keuntungan dan kelebihannya. Apa saja sih keuntungan dan kelebihan kartu kredit? Simak penjelasan berikut ini, ya!

Kelebihan Kartu Kredit

  • Memudahkan transaksi pembayaran di luar negeri

Memiliki kartu kredit akan sangat terasa manfaatnya terutama ketika Anda bepergian ke luar negeri. Anda tidak perlu lagi repot menukarkan uang ketika ingin melakukan berbagai transaksi pembayaran. Kartu kredit yang bisa digunakan diseluruh dunia didominasi oleh dua merek besar yaitu Visa dan Mastercard. Pengguna kartu kredit Visa dan Mastercard dapat melakukan transaksi di merchant-merchant yang berlogo American Express, Carte Blanc, Dinners Club, Visa, dan Mastercard. Jika Anda tidak terlalu sering melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda tetap akan merasakan manfaat menggunakan kartu kredit, kok. Kartu kredit Visa dan Mastercard juga dapat digunakan di merchant-merchant Indonesia dengan syarat terdapat logo khusus untuk transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit.

  • ·Sistem tagihan berupa cicilan

Kartu kredit sangat mungkin digunakan pada saat Anda tidak punya uang di rekening tabungan. Sistem yang diberlakukan adalah memberikan pinjaman terhadap nasabah dengan limit tertentu. Untuk pelunasan bentuknya berupa cicilan tiap bulan sehingga tidak akan memberatkan kantong Anda. Dengan sistem tagihan yang berupa cicilan, Anda akan menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan. Tentunya hal ini sangat bermanfaat, bukan?

  • ·Bisa digunakan untuk transaksi online maupun offline

Keuntungan lain yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan kartu kredit adalah kemudahan bertransaksi dengan lebih efisien dan efektif. Kartu kredit dapat Anda gunakan untuk transaksi online maupun offline. Terdapat merchant tertentu yang hanya menerima pembayaran menggunakan kartu kredit saja. Selain itu, Anda dapat melakukan transaksi dalam jumlah besar tanpa perlu khawatir saldo di rekeningmu berkurang. Selain itu, jika Anda ingin melakukan pembayaran online dengan rekening virtual seperti PayPal, Anda wajib memiliki kartu kredit.

  • ·Terdapat banyak tawaran diskon dan promo

Hampir semua orang akan merasa riang gembira saat mendengar kata diskon atau promo. Anda bisa mendapatkan berbagai diskon dan promo menarik jika memiliki kartu kredit, lho! Kartu kredit banyak menawarkan diskon dan promo khusus untuk penggunanya. Diskon dan promo eksklusif ini tidak akan bisa didapatkan oleh pengguna kartu debit. Selain itu, penawaran diskon dan promo untuk pengguna kartu kredit lebih banyak daripada diskon dan promo untuk kartu debit. Dengan begitu, Anda akan diuntungkan ketika berbelanja atau membayar tagihan sesuatu.

  • ·Dapat digunakan sebagai dana darurat

Kartu kredit tidak hanya bisa digunakan untuk belanja berbagai barang saja. Kartu kredit juga bisa dijadikan sebagai dana darurat tambahan. Anda bisa mendapatkan uang tunai dengan melakukan transaksi gesek tunai di mesin EDC tertentu atau ATM bertanda khusus. Meski transaksi gesek tunai dibatasi hanya sebesar 50% dari total limit kartu kreditmu, namun pada saat mendesak tetap akan menolongmu. Usahakan untuk tidak terlalu sering melakukan gesek tunai karena akan ada potongan biaya sebesar 4% ketika melakukan transaksi gesek tunai. Hal ini malah menjadikan kartu kredit sangat cocok Anda jadikan untuk dana darurat karena gesek tunai perlu dilakukan hanya dalam keadaan mendesak. 

Kekurangan Kartu Kredit

  • ·Tidak dapat digunakan di semua tempat

Meski banyak kelebihan yang ditawarkan oleh kartu kredit, pengguna kartu debit masih lebih banyak dan dominan. Mengapa demikian? Selain karena proses pembuatannya yang lebih selektif, kartu kredit tidak dapat digunakan di semua merchant. Jika Anda tinggal Indonesia, di daerah yang cukup jauh dari kota, penggunaan kartu kredit secara offline akan sangat terbatas karena sedikit sekali jumlah merchant di daerah yang mau menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.

  • ·Terdapat minimal transaksi

Saat Anda melakukan pembelian dalam jumlah kecil, pembayaran menggunakan kartu kredit tidak bisa dilakukan karena biasanya terdapat minimal transaksi. Minimal transaksi yang dipatok berbeda-beda tergantung peraturan yang dibuat oleh bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki kartu kredit sekaligus kartu debit. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan penggunaan kartu saat melakukan pembayaran tergantung besarnya transaksi yang Anda lakukan.

  • ·Pembayaran cicilan harus tepat waktu

Hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui sebelum membuat kartu kredit adalah sistem pembayaran tagihannya. Setiap bulan Anda harus membayar cicilan dengan minimum tagihan yang disertai bunga. Besaran bunga kartu kredit biasanya tidak terlalu tinggi. Namun, Anda harus membayar tagihan cicilan secara tepat waktu. Jika tidak, maka akan ada tambahan bunga. Hal itu bisa menjadi beban terutama jika Anda terus menunda pembayaran cicilan tiap bulan sehingga bunga kartu kredit semakin menumpuk dan banyak.

Itulah kelebihan dan kekurangan kartu kredit yang sebaiknya Anda ketahui. Jika kita bandingkan, memiliki kartu kredit ternyata lebih banyak kelebihannya, lho. Jika Anda bisa memanfaatkan penggunaan kartu kredit dengan baik, Anda malah akan mendapat berbagai keuntungan yang tidak bisa didapatkan dari alat pembayaran yang lain. Selain itu, di zaman yang berkembang pesat ini, memiliki kartu kredit pasti akan lebih memudahkan berbagai transaksi pembayaran. Jadi, apabila Anda akan membuat kartu kredit, pastikan Anda memilih dan mengajukan kartu kredit di Financer.com yah!

 

 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...