Inflasi Hongkong Turun di Bulan Agustus 2015

KONFRONTASI  - Pekan lalu Departemen Sensus dan Statistik Hong Kong umumkan  tingkat pengangguran Hong Kong  pada bulan  Agustus lalu masih terpantau stabil sesuai dengan harapan. Baru-baru ini Departemen yang sama laporkan tingkat indeks harga konsumen negeri tersebut dibulan Agustus terkontraksi secara bulanan cukup dalam demikian juga secara tingkat tahunan.

Inflasi harga konsumen Hong Kong menurun  tak terduga pada bulan Agustus lalu setelah 3 bulan terakhir masih positif, Departemen Sensus dan Statistik laporkan indeks harga konsumen gabungan anjlok ke posisi -2,4 persen dari bulan sebelumnya yang  naik 0,33 persen. Namun secara tahunan tingkat inflasi naik 2,4 persen secara tahunan  pada bulan Agustus, yang lebih lambat dari kenaikan 2,5 persen di bulan sebelumnya.   Inflasi tahunan ini merupakan inflasi terendah sejak 3 tahun lalu yang saat itu naik 1,6 persen pada Juli 2012.

 

Hong Kong Inflation Rate MoM

Turunnya inflasi di negeri ini disebabkan turunnya tarif  listrik mulai dari pertengahan bulan Agustus dan merupakan nilai terendah sejak Juli 2012. Selain listrik harga gas dan air juga alami penurunan tarif (-4,6 persen dari 1 persen pada Juli). Turunnya inflasi juga disebabkan oleh turunnya harga barang-barang mesin pabrik (-5,7 persen) serta harga  pakaian dan alas kaki   (turun -1,8 persen), sehingga berdampak juga kepada tarif transportasi. 
 
Untuk ke depannya risiko kenaikan inflasi memang harus tetap terbatas dalam waktu dekat mengingat harga yang rendah dari komoditas global serta rendahnya harga impor dan tekanan biaya lokal yang moderat. Selain itu pemerintah Hong Kong harus  terus memantau perkembangan inflasi dengan ketat, terutama dampaknya pada masyarakat berpenghasilan rendah.(Juft/Vibinews)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...