1 April 2020

Indonesia-Australia Perkuat Perdagangan

KONFRONTASI - Indonesia dan Australia akan meningkatkan kerja sama ekonomi dua negara. Investasi antara keduanya pun akan ditingkatkan. Dalam pertemuan bilateral di sela-sela pertemuan Menlu ASEAN (AMM) ke-48 di Kuala Lumpur, Malaysia, sejumlah pengusaha Australia akan berdialog dengan pemerintah dan pengusaha Indonesia.

Demikian hasil Pertemuan Menlu Retno Marsudi dengan Menlu Australia Julie Bishop.

Dialog ini akan membicarakan peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi bilateral sebelum akhir 2015. Beberapa isu lainnya juga dibahas dalam pertemuan Bishop dan Menlu Retno.

Pertemuan itu juga membahas kerja sama di bidang keamanan, penegakan hukum dan pendidikan. Ini termasuk pula rencana pembukaan Konsulat Jenderal Australia di Makassar.

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno menyebutkan berlangsung dalam suasana yang produktif. Kondisi ini berbeda dalam hubungan kedua negara dalam enam bulan terakir, setelah eksekusi dua gembong penyelundup narkoba asal Australia yakni, Myuran Sukumaran dan Andrew Chen.

Pertemuan ini menandai pulihnya ketegangan diplomatik Indonesia dan Australia. Kedua menlu juga menyepakati kunjungan bulanan menteri-menteri Australia hingga akhir tahun ke Indonesia.[mtv/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...