21 November 2017

Indeks Stoxx Europe 600 Ditutup Menguat 0,18%

KONFRONTASI -  Bursa saham ditutup menguat pada perdagangan Jumat (14/7/2017) di tengah ekspektasi bahwa bank sentral utama dunia kemungkinan tidak akan memperketat kebijakan moneter secepat yang dikhawatirkan beberapa investor.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,18% atau 386,84 setelah bergerak pada kisaran 385,49 – 386,84.

Pergerakan indeks pada hari terakhir pekan lalu cenderung tipis karena investor menimbang laporan kinerja emiten perbankan besar AS yang mengecewakan, termasuk JPMorgan dan Citigroup

"Di Eropa, kami masih belum menghadapi tingkat suku bunga yang lebih tinggi, yang seharusnya menguntungkan bank-bank AS sedikit demi sedikit dari net interest margin," ujar Mike van Dulken, kepala riset Accendo Markets, seperti dikutip Reuters.

"Itu berarti kita masih mendapat dukungan dari pelonggaran moneter, tapi imbal hasil masih rendah, dan hal tersebut tidak bagus untuk bank," lanjutnya

Sementara itu, penguatan harga logam mendorong kenaikan saham di sektor pertambangan pekan lalu, yang didorong oleh emiten baja Outokumpu, ArcelorMittal, dan Tenaris yang menguat setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa dia mempertimbangkan kuota dan tarif mengenai dumping baja China.

Tim analis di Barclays mengatakan mereka tetap positif di sektor pertambangan Eropa, yang telah menguat hanya 4% sepanjang tahun ini setelah menguat lebih dari 60% di tahun 2016.

Walaupun kenaikan imbal hasil obligasi telah mencapai tingkat sensitif sektor seperti utilitas, saham perbankan masih diuntungkan.

Namun pada hari Jumat, sektor ini mendapat tekanan karena kinerja bank besar di AS mengecewakan, disusul oleh data inflasi di AS yang melambat sehingga berpotensi mengganjal rencana pengetatan kebijakan moneter the Fed.(Juft/Bisnis)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...