22 July 2018

Harta Warisan Dimohon agar Tetap Bebas Pajak, sebab Banyak Warga Kita Tak Mampu Bayar Pajak

KONFRONTASI- Terkait Tax Amnesty, banyak keluarga pribumi dan keturunan di Indonesia mendapatkan harta warisan berupa tanah, rumah, emas, dan aset lainnya yang bernilai besar, namun pihak penerima warisan tak mampu bayar pajak.  Hal ini hendaknya diampuni dan dimaklumi oleh pemerintah, karena banyak anggota masyarakat tidak mampu bayar pajak sementara harta warisan dari orang tua atau keluarga sangatlah bear.

Tanpa harus usaha keras, tiba-tiba Anda dapat bagian warisan dari orang tua Anda, bahagia luar biasa pastinya.  Tapi jangan terburu senang dulu, pastikan apakah atas tambahan penghasilan Anda masih terhutang pajak atau tidak.

Karena dalam penjelasan Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh) Tahun 1983, menganut prinsip pemajakan atas penghasilan dalam pengertian luas. Apa maksudnya? Yaitu pajak akan dikenakan atas setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak.

Nah, pada prinsipnya penghasilan yang diterima ahli waris itu seharusnya merupakan objek pajak penghasilan. Sehingga ketika Anda mendapat tambahan penghasilan dari warisan, berarti di saat yang sama harus membayar pajak juga, begitukah?

Coba kita tengok Pasal 4 ayat (3) huruf b UU PPh Tahun 1983.  Di katakan bahwa: yang dikecualikan dari objek pajak adalah warisan. Jadi meskipun warisan itu merupakan tambahan kemampuan ekonomis bagi ahli waris, namun dikecualikan sebagai objek pajak penghasilan. Sederhananya bukan objek pajak saja.

Warisan di sini meliputi semua jenis harta. Apakah itu harta bergerak seperti: perhiasan, logam mulia, mobil, bahkan surat berharga. Atau harta tidak bergerak seperti tanah atau bangunan.

Bahkan untuk tanah atau bangunan yang diterima, ahli waris dapat minta fasilitas Surat Keterangan Bebas Pajak Penghasilan (SKB PPh) atas pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan tersebut. Pemerintah harus membebaskan pajak dalam banyak kasus demikian, dengan memberi fasilitas bebas pajak sebab aset warisan itu dari orang tua atau keluarga itu bernilai kultural dan sosial-spiritual.

Category: 
Loading...