Harga CPO Riau Terus Menguat

Konfrontasi - Harga minyak sawit mentah atau "crude palm oil" (CPO) di pasar lokal Riau dalam minggu terakhir menunjukkan kecenderungan menguat, yakni tercatat sebesar Rp7.937,54 per kilogram.

"Bahkan salah satu pasar lokal yang dijadikan rujukan adalah pasar lelang KPB-PTP franco Pelabuhan Dumai yang menunjukkan peningkatan harga CPO tersebut," kata Sekretaris Tim Penetapan harga TBS CPO Riau, Rusdi di Pekanbaru, Selasa (9/6).

Menurut dia, peningkatan harga CPO Riau juga ditopang oleh kecenderungan bertahan para penjual menetapkan harga minimal pada harga jual pada hari sebelumnya.

Bahkan, katanya lagi, dalam dua bulan sebelumnya harga CPO global memang mulai mengalami kenaikan yang cukup baik. Para investor cukup optimistis bahwa harga CPO akan mencapai level 700 dolar AS per ton.

"Dan saat ini harga CPO sudah berada di kisaran 675 dollar per ton,"katanya dan menambahkan bahwa kenaikan harga CPO di tingkat global sendiri didukung oleh membaiknya permintaan dari Amerika Serikat dan Eropa.

Makin membaiknya harga CPO Riau, katanya, juga tidak terlepas dari peningkatan permintaan CPO untuk kebutuhan pangan (minyak goreng) dalam menghadapi kebutuhan puasa dan hari Raya Idul fitri.

"Tidak jauh berbeda dengan pasar CPO Malaysia yang telah mengalami kenaikan harga meskipun pada pagi ini sedikit tertekan oleh adanya pernyataan dari kalangan otomotif tentang resiko penggunaan biodiesel 15 persen terhadap kondisi mesin kendaraan,"katanya.(akl/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...