19 January 2020

Harga Bawang Merah di Palembang Melambung

Konfrontasi - Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan yang cukup tinggi, dan diprediksi masih akan terus bergerak naik.

"Harga bawang merah melambung dari awal Maret masih berkisar Rp18.000--Rp20.000 per kilogram, kini mencapai Rp40.000 per kg," kata Donan, pedagang bawang di pasar tradisional kawasan Plaju Palembang, Rabu (25/3).

Dia menjelaskan, melambung harga bawang merah tersebut disebabkan sejumlah daerah pemasok di Pulau Jawa mengalami banjir, sedangkan impor dalam pengendalian ketat.

Meskipun harga melambung, stok bawang di agen pemasok pasar induk Jakabaring kondisinya tersedia cukup banyak, berapa pun permintaan dapat dipasok agen.

"Berapa pun jumlah bawang yang dibutuhkan pedagang, agen dari pasar induk tersebut siap memenuhi kebutuhan barang dagangan yang pasokannya beberapa waktu lalu sempat mengalami gangguan dan mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi," ujarnya.

Menurut Irwan, pedagang yang biasa berjualan di Pasar Sekip Ujung, harga bawang merah sekarang ini belum ada tanda-tanda bergerak turun.

Kondisi ini diharapkan dapat segera normal, karena kenaikan harga yang cukup tinggi menyulitkan pedagang untuk menjual dalam jumlah banyak dan mempengaruhi pendapatan, ujar dia.(ant/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...