19 December 2018

Gawat, Donald Trump Ancam Lancarkan Perang Dagang dengan Indonesia

KONFRONTASI-Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi, mengatakan Donald Trump saat ini tengah mengambil ancang-ancang untuk mencabut beberapa tarif khusus yang diberikan Amerika Serikat (AS) kepada Indonesia. Ini dilatarbelakangi atas putusan AS agar Indonesia tak membanjiri negeri tersebut dengan produk ekspor asal Tanah Air.

​"Dia (AS) buat seenaknya saja. Termasuk dengan kita. Dia sudah kasih kita warning. Kita kalau ekspor tidak boleh lebih banyak kepada dia. Dia sudah kasih warning, ada aturan yang dia berikan, beberapa special tarif arrangement yang dia mau cabut. Terutama di bidang tekstil," ungkapnya dalam Halal Bihalal APINDO, di Jakarta, Kamis (5/7).

Dia menjelaskan memang saat ini keadaan perekonomian global tengah berada dalam ketidakpastian (uncertainty). Pemicunya kerap berasal dari kebijakan yang diambil Presiden AS Donald Trump yang memang susah ditebak.

"Kita tidak tahu perang dagang US-China ini kayak apa, apa benar terjadi. Kemarin saya ke US, tidak ada yang mengerti Trump maunya apa," jelasnya.

Oleh karena itu, Ketua Dewan Pertimbangan APINDO ini mengharapkan di tengah ancang-ancang perang dagang AS-China, semua pengusaha untuk tetap menjaga situasi bisnis masing-masing sembari terus melakukan koordinasi dengan pemerintah.

"Jadi jaga saja cash flow-nya masing-masing, jaga perusahaan masing-masing, karena efeknya tidak akan terjadi segera, tapi setelahnya," tandasnya.(mr/mdk)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...