16 August 2018

Fluktuasi Saham-saham AS: Sektor Energi & Finansial Jatuh, Indeks S&P dan Dow Jones Kompak Melemah

KONFRONTASI -   Indeks S&P 500 dan Dow Jones ditutup melemah pada perdagangan Kamis (9/8/2018) setelah kenaikan saham Apple dan Amazon diimbangi oleh penurunan sektor energi dan finansial.

Saham Tesla Inc juga merosot dan menghapus semua penguatan yang dimotori oleh tweet terbaru dari CEO perusahaan, Elon Musk, yang mengumumkan rencana perusahaan untuk go private. Saham Tesla ditutup turun 4,8%.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup melemah 74,52 poin atau 0,29% menjadi 25.509,23, sedangkan indeks Standard & Poor’s 500 turun 4,12 poin atau 0,14% ke 2.853,58 dan Nasdaq Composite menguat 3,46 poin atau 0,04% ke 7.891,78.

Meskipun melemah, indeks S&P 500 berada di wilayah positif meski tipis hampir sepanjang hari, mendekati rekor tertinggi yang dicapai pada 26 Januari. Nasdaq juga mendekati level tertingginya.

Sektor teknologi telah menjadi pusat pemulihan yang tajam di bursa saham AS sejak penurunan pada bulan Februari. Saham Apple naik 0,8%, sementara Amazon menguat 0,6%.

"Sulit sekali bagi pasar ini untuk benar-benar membuat lompatan. Ini adalah kenaikan yang lambat dan stabil, dipimpin oleh perusahaan yang jumlahnya semakin kecil," kata Rick Meckler, mitra di Cherry Lane Investments, seperti dikutip Reuters.

"Entah bagaimana, teknologi tampaknya sedikit lebih terisolasi masalah yang dihadapi beberapa perusahaan, termasuk perang perdagangan,” tambah Meckler.

Sementara itu, Sektor energi melemah 0,9% dan menjadi penekan utama Wall Street, dengan saham Occidental Petroleum turun 4,2% setelah mempertahankan proyeksi produksi yang moderat untuk tahun ini. Adapun indeks sektor finansial S&P turun 0,6%.

Sementara itu, data ekonomi terbaru menunjukkan kekuatan di pasar tenaga kerja, menggarisbawahi kesehatan ekonomi AS meskipun ketegangan perdagangan sedang berlangsung.

Berdasarkan data Departemen Tenaga Kerja yang dilansir Reuters, jumlah warga AS yang mengajukan tunjangan pengangguran tercatat turun secara mengejutkan pekan lalu.(Jft/Bisnis)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


loading...