Ekonomi Rakyat Ambruk, Nawacita Jokowi Hancur dilibas Krisis dan Pandemi. Maukah Rombak Kabinet?

OPINI- Menurut dr Ali Mahsun, KETUA UMUM Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia, UMKM dan sektor informal yg BANGKRUT sudah 55%, sisanya HAMPIR BANGKRUT semua, hanya 4% yg masih bisa bertahan.
Menurut Dr Fuad Bawazeer saat dialog ekonomi dalam acara yg diselenggarakan INDONESIA DEVELOPMENT WATCH, hanya dengan menyiram dana stimulus rp1000-1700Trilyun LANGSUNG ke rakyat, kegiatan ekonomi UMKM dan SEKTOR INFORMAL akan bangkit lagi.
Menurut Dr Anthony Budiawan dalam acara yg sama, dana yg dipinjam dr perbankan dalam negeri totalnya rp6000T, sektor UMKM hanya pakai rp1000an Trilyun. Sisanya rp5000Trilyun dipakai korporasi2 besar yg semuanya SAKIT saat ini.
Jika terjadi KREDIT MACET yg menimpa korporasi2 besar tsb, maka Bank2 akan KOLAPS.
Jadi Dr Anthony Budiawan menyatakan bahwa HARUS SEMUANYA DIBERI DANA STIMULUS, bukan hanya Sektor Informal, UMKM dan rakyat miskin, tapi juga korporasi2 besar. Artinya jumlah dana stimulus yg disiapkan jumlahnya sekitar rp6000 Trilyun.
Fuad Bawazeer mengatakan bahwa Amerika SUDAH memberi dana stimulus sekitar $2-3 Trilyun dan DITAMBAH lagi $1,9 Trilyun. Jadi WAJAR saja jika Indonesia mengucurkan rp1700 sampai rp 3000 Trilyun utk MENYELAMATKAN EKONOMI kita.
Semua ini TIDAK ADA ARTINYA menurut dr Ali Mahsun jika aktivitas pelaku ekonomi masih dibatasi oleh PROTOKOL KESEHATAN, artinya pemerintah harus membebaskan para pelaku ekonomi dalam menjalankan bisnisnya TANPA ADA PROTOKOL KESEHATAN.
Semua pendapat para pakar dan praktisi tersebut sudah saya katakan sejak setahun yg lalu.
Malah solusinya sudah saya tawarkan ke rezim Jokowi terus menerus melalui berbagai jalur. Tapi tidak direspon sama sekali.
Sekarang Sri Mulyani baru mengakui sejujurnya bahwa pemerintah sangat kewalahan dan minta semua jajarannya utk MOHON BANTUAN ALLAH SWT agar bisa melewati masa2 sulit ini. Sri MUlyani sudah gagal, sebaiknya mundur.
Beliau juga mengeluhkan kelemahan Sumber Daya Manusia kita yg SANGAT RENDAH tingkat produktifitasnya.
46% tenaga kerja kita hanya lulusan SMP, 23% lulusan SMA dan 16% lulusan kejuruan. Selama ini kita hanya mengandalkan MODAL DANA dan JUMLAH TENAGA KERJA dalam meningkatkan performa ekonomi kita, sementara negara2 maju memanfaatkan KEMAJUAN TEKNOLOGI dan MODAL BESAR dalam meningkatkan pertumbuhan ekonominya sehingga bisa tumbuh dg angka yg tinggi.
Sekarang  SEMUA NEGARA TERJEREMBAB, artinya KITA HARUS BISA MANDIRI dalam bangkit dari keterpurukan global ini, tidak bisa lagi mengharap bantuan negara lain.

Solusi Menyelamatkan Rakyat Kita: Potensi NSF, Imbang Djaja, Pihak-Pihak  yang Perduli | Beningnews

SOLUSI YANG DITAWARKAN PARA PAKAR.

Dr Fuad Bawazeer, Dr Anthony Budiawan, Dr Sri Mulyani dan dr Ali Mahsun punya solusi HAMPIR SAMA dalam hal PEMBERIAN DANA STIMULUS yg besar, SASARANNYA HARUS TEPAT dan JANGAN ADA KKN yg diperkirakan sudah menggerogoti sampai 40% dr nilai proyek menurut Dr Fuad Bawazeer.
Khusus utk Sektor informal dan UMKM dr Ali Mahsun minta agar TIDAK ADA LAGI PEMBATASAN atau PROTOKOL KESEHATAN, karena bisnis kelas tersebut hanya jalan jika tidak ada protokol kesehatan.
Hal yg sangat positif menurut saya adalah SUDAH ADA PENGAKUAN PEMERINTAH melalui Sri Mulyani bahwa upaya2 kita akan berhasil  Sri Mulyani berteologi, bukan ekonom lagi karena buntu, mentok, textbook thinking. JIKA ALLAH SWT MENGIZINKAN.  Menkeu Sri minta semua jajarannya utk BERDOA DAN MOHON PADA ALLAH SWT, ini luar biasa, krn selama ini TIDAK ADA pejabat negara, termasuk \Sri,  yg menganjurkan hal tersebut. Artinya Sri sudah buntu, gagal, mentok, maka berteologi, padahal ekonomi butuh parameter  terukur, bukan soal izin Allah SWt semata. Maukah Jokowi rombak Kabinet?

APA YG BISA SAYA BANTU ??

Jika semua sudah taubatan nasuha, semua TIDAK BUTUH BANTUAN SAYA, karena Allah swt PASTI turun tangan membantu hamba2Nya yg mohon bantuanNya.
Saya pribadi hanya akan bantu jika Allah swt memerintahkan saya utk bantu, krn SEMUA HAL yg ada pada saya adalah MILIK ALLAH SWT. Jadi saya hanya boleh pakai Dana besar dan obat covid 19 yg saya tahu ada dimana, JIKA ALLAH SWT menugaskan saya utk membantu rezim ini.

Oleh Ir Abdurrahman Imbang Djaja Chairul, alumnus ITB

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...