20 October 2018

Ekonomi Lesu, Konsumen Indonesia Kurangi Belanja Elektronik

KONFRONTASI-Konsumen Indonesia mengurangi pembelian barang elektronik seperti telepon genggam atau komputer sebesar 50 persen berdasarkan hasil temuan Nielsen Global Survey of Consumer and Spending Intentions.

Sebanyak 65 persen konsumen online Indonesia berpendapat bahwa saat ini negara berada dalam kondisi resesi. Sehubungan dengan hal tersebut, 81 persen konsumen menyatakan bahwa mereka telah mengubah kebiasaan berbelanja untuk menghemat pengeluaran rumah tangga.



"Konsumsi untuk bukan kebutuhan dasar tetapi secara umum konsumsi Indonesia flat, ada yang naik dan ada yang turun," jelas Managing Director Nielsen Indonesia Agus Nurudin, di Jakarta, Rabu.

Survey juga mencatat pembelian baju baru yang menurun (48 persen). Konsumen menyatakan mengurangi pengeluaran untuk hiburan di luar rumah (46 persen), mengurangi pengeluaran untuk liburan (40 persen) dan menghemat pemakaian gas dan listrik (36 persen) untuk menghemat pengeluaran rumah tangga.

Secara global, indeks keyakinan konsumen menurun satu poin pada kuartal kedua dengan skor 96, dimana secara keseluruhan sentimen konsumen terkait prospek lapangan pekerjaan dan keuangan pribadi merosot masing-masing dua dan satu poin dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Pada kuartal kedua ini, peningkatan indeks keyakinan konsumen hanya terjadi di 27 negara dari 60 negara.[mr/tar]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...