Chevron Caplok Anadarko Petroleum Senilai US$33 M

Konfrontasi - Chevron pada hari Jumat (12/4/2019) mengumumkan rencana untuk mengakuisisi perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas Anadarko Petroleum dalam kesepakatan tunai dan saham senilai US$33 miliar.

Transaksi ini akan memberi perusahaan energi AS terbesar kedua dorongan dalam produksi minyak serpih serta gas alam.

Saham Anadarko naik hampir 30% di perdagangan premarket menjadi US$60,95 per saham mengikuti berita. Saham Chevron turun 3,7% dari penutupan Kamis di US$125,99 per saham.

Kesepakatan ini menghargai Anadarko dengan harga US$65 per saham, premi 37% dari penutupan Kamis. Berdasarkan harga penutupan Chevron sebesar US$46,80 pada tanggal 11 April, pemegang saham Anadarko akan menerima 0,3869 saham Chevron dan uang tunai US$16,25 untuk setiap saham Anadarko. Chevron akan menanggung US$15 miliar dari utang Anadarko.

"Ini membutuhkan perusahaan yang hebat dan menjadikannya lebih baik," Ketua dan CEO Chevron Michael Wirth seperti mengutip cnbc.com, segera setelah berita itu tersebar. "Karena perusahaan kami telah memperkuat situasi keuangannya selama beberapa tahun terakhir, kami selalu berusaha untuk membuat portofolio kami semakin kuat."

Wirth melihat US$65 per saham sebagai "harga wajar" untuk produsen minyak dan gas. Wirth, yang mengambil perannya pada Februari 2018, mengharapkan kesepakatan itu akan memungkinkan Chevron untuk "menang di lingkungan apa pun," memainkan kekuatan perusahaan dalam serpih, air dalam, dan gas alam. Dia mengatakan perusahaan mengharapkan kesepakatan untuk menciptakan lebih dari satu miliar dolar dalam sinergi.

Kesepakatan itu, yang tunduk pada persetujuan pemegang saham dan peraturan, diperkirakan akan ditutup pada paruh kedua 2019. Jika disetujui, Chevron mengatakan pihaknya berencana untuk meningkatkan program pembelian kembali saham tahunan menjadi US$5 miliar dari US$4 miliar.

Chevron mengatakan pihaknya berencana untuk mendivestasikan aset senilai US$15 miliar hingga US$20 miliar antara tahun 2020 dan 2022.

"Transaksi ini akan membuka nilai penting bagi pemegang saham, menghasilkan sinergi run-rate tahunan yang diantisipasi sekitar US$2 miliar, dan akan menambah arus kas bebas dan pendapatan satu tahun setelah penutupan," kata Wirth sebelumnya dalam rilis perusahaan.

Credit Suisse Securities adalah penasihat keuangan Chevron. Sementara Paul, Weiss, Rifkind, Wharton & Garrison adalah penasihat hukumnya. Evercore dan Goldman Sachs adalah penasihat keuangan untuk Anadarko, sementara Wachtell, Lipton, Rosen & Katz dan Vinson & Elkins LLP adalah penasihat hukumnya.

Saham Anadarko Petroleum telah naik 6,8% tahun ini, dibandingkan dengan kenaikan 17,6% dalam indeks Energi S&P 500 selama waktu yang sama. (ini/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...