Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit, Apa Saja?

Konfrontasi - Kamuingin menggunakan kartu kredit dengan bijak? Cara menggunakan kartu kredit yang bijak akan membawamu lebih hemat dan lebih praktis. Sebaliknya, jika asal-asalan, akan menjadi bumerang. Kamu yang masih pemula dan baru punya kartu kredit perlu menyimak ulasannya ini!

Jika kamu baru pertama kali memiliki kartu kredit, kamu tentu gembira karena bisa menggunakan kartu tersebut untuk kebutuhanmu. Betul nggak? Namun, jangan kelewat senang ya. Kamu harus bijak dalam menggunakannya selama kamu memiliki kartu kredit tersebut. Mengapa?

Pertama, kartu kredit adalah utang yang wajib kamu lunasi. Kedua, suku bunga kartu kredit relatif tinggi tiap bulannya (2,75%-3%). Ketiga, kartu kredit bisa mendorongmu kepada gaya hidup konsumtif sehingga berdampak pada ketahanan finansialmu. Nah, biar nggak terjerumus pada dampak negatif yuk pahami cara menggunakan kartu kredit dengan bijak beserta informasi penting lainnya.

1. Apa itu kartu kredit?

Sebelum membahas cara menggunakan kartu kredit, ada baiknya pahami informasi dasar. Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi.

Berbeda dengan kartu debit, dalam kartu kredit bank seperti meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Pada bank-bank di Indonesia, kartu kredit diciptakan untuk kemudahan dan cara kerjanya diatur oleh Bank Indonesia (BI). Saat ini terdapat berbagai macam perusahaan jasa keuangan penerbit kartu kredit di dunia termasuk Indonesia, termasuk diantaranya yaitu VISA, MasterCard dan American Express.

Kepemilikan kartu kredit juga sekarang menjadi salah satu syarat penting untuk mengajukan berbagai produk pinjaman seperti KTA atau KPR. Jika kamu memiliki histori pembayaran yang sehat, maka peluang kamu untuk mendapatkan pinjaman KTA dan KPR tentu akan lebih besar. Sebaliknya jika histori kreditmu jelek karena sering menunggak pembayaran kartu kredit, kamu akan diblacklist bank sehingga sulit mendapatkan pinjaman.

2. Keuntungan memiliki kartu kredit

Setelah mengetahui informasi dasar definisi kartu kredit, sebelum melangkah pada cara menggunakan kartu kredit, yuk pahami dulu keuntungan memiliki kartu kredit. Berikut adalah beberapa keuntungan jika kamu memiliki kartu kredit:

  • Mempermudah alat pembayaran sehingga tidak lagi memerlukan uang tunai
  • Kartu Kredit dapat digunakan untuk mengumpulkan seluruh bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan agar lebih efisien
  • Dapat digunakan untuk mencatat pengeluaran secara rutin sehingga pengelolaan keuangan lebih mudah
  • Kartu Kredit tertentu memberi jasa asuransi kesehatan, perjalanan, pencurian, atau kerusakan barang yang dibeli menggunakan kartu tersebut
  • Tingkat keamanan yang relatif tinggi
  • Kemungkinan mendapatkan berbagai hadiah atau diskon serta promo

3. Cara menggunakan kartu kredit

Setelah paham informasi dasar, kini saatnya memahami cara menggunakan kartu kredit dengan bijak. Ada 10 cara yang bisa kamu gunakan agar tetap aman menggunakan kartu kredit.

4. Belanja sesuai rencana

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah belanja sesuai rencana dan hindari pemborosan. Biasakan kamu untuk berbelanja sesuai rencana. Di mana pun tempat belanjanya, rencana belanja kamu akan membantu mengendalikan pengeluaranmu.

Sebagai contoh, dari rumah kamu sudah merencanakan akan menggunakan kartu kredit untuk membeli sebuah sepatu olahraga. Saat di toko peralatan kebugaran, fokuskan diri kamu untuk membeli sepatu olahraga saja, tidak membeli barang lainnya dengan kartu kredit.

Memfokuskan diri pada rencana belanja memang tidak mudah. Selalu saja ada godaan yang meningkatkan hasrat membeli. Misalnya, sandal kesehatan yang dipromosikan beli satu dapat gratis satu. Jika terbersit di kepala untuk membeli barang tersebut, kembali ke rencana belanja kamu dan ingatlah bahwa kamu perlu uang untuk keperluan lain.

5. Hindari menarik uang tunai melalui kartu kredit

Salah satu kemudahan kartu kredit adalah bisa digunakan untuk menarik uang tunai dari ATM. Meskipun demikian, kuatkan diri kamu untuk tidak menggunakan kemudahan tersebut. Ini merupakan cara menggunakan kartu kredit dengan bijak juga lho, bro and sis.

Alasannya, penarikan uang tunai dari kartu kredit dikenai bunga 2,25% per bulan. Jika keuangan kamu hanya cukup untuk kebutuhan bulanan, tentu bunga ini akan membebani keuanganmu.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...