16 August 2018

Bursa Eropa, Indeks Stoxx Melemah Tipis - ECB Tingkatkan Prediksi Pertumbuhan

KONFRONTASI -  Bursa saham Eropa ditutup melemah tipis pada perdagangan Kamis (8/6/2017) setelah Bank Sentral Eropa meningkatkan perkiraan pertumbuhan ekonomi serta menurunkan prospek inflasi.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah hanya 0,03% ke level 389,15 setelah diperdagangkan pada kisaran 388,37 – 390,51. Adapun indeks FTSE 100 Inggris melemah 0,4 persen di saat berlangsungnya pemungutan suara pemilu.

Di seluruh Eropa, saham perbankan dan tambang menjadi pendorong terhadap penguatan, mengimbangi penurunan saham makanan dan minuman. Indeks Stoxx terus melemah pekan ini karena investor bersikap wait and see terhadap agenda ekonomi yang berlangsung pekan ini.

Seperti dilansir Reuters, Gubernur European Central Bank (ECB), Mario Draghi memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto pada 2017 mencapai 1,9% dibandingkan dengan 1,8% di tahun sebelumnya. Bank sentral memutuskan pemotongan suku bunga lebih lanjut dalam sebuah langkah untuk keluar dari program stimulusnya.

Di sisi lain, indeks FTSE MIB Italia naik sebanyak 1,5% setelah negara tersebut beralih dari kemungkinan pemungutan suara awal tahun ini; hal ini menyusul kegagalan kesepakatan multi-partai mengenai undang-undang pemilihan baru di parlemen.\

Di antara saham yang aktif diperdagangkan, saham Remy Cointreau SA naik 3,2% setelah perusahaan memperkirakan kenaikan profitabilitas dan laba naik dengan laju tercepat dalam lima tahun terakhir.(Juft/Bisnis)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


loading...