BMKG Ingatkan Nelayan Gelombang Besar di Natuna

Konfrontasi - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau nelayan dan kapten kapal mewaspadai gelombang laut di sekitar perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau mencapai 3,5 meter.

“Pengguna transportasi laut harus mewaspadai gelombang laut yang tinggi di Natuna,” kata Kepala BMKG Tanjungpinang Dhira Utama, di Tanjungpinang, Minggu (20/12/2015).

Dia mengatakan tinggi gelombang laut pulau yang berada di utara Indonesia itu disebabkan aktivitas angin utara mulai meningkat. Gelombang laut di sekitar perairan Kepulauan Anambas juga mencapai 3-3,5 meter. Sedangkan gelombang laut di perairan Bintan mencapai 2 meter.

“Gelombang laut di perairan Lingga mencapai 2 meter. Pengguna transportasi laut dan nelayan juga harus mewaspadainya,” imbaunya.

Sedangkan gelombang laut di sekitar perairan Tanjungpinang dan Batam lebih tenang. Perairan di Tanjungpinang dan Batam mencapai 0,5-1 meter. “Tetap harus diwaspadai karena tinggi gelombang laut sewaktu-waktu dapat meningkat,” ucapnya.

Dhira menjelaskan berdasarkan pantauan citra satelit dan peta arah angin terdapat sistem tekanan rendah di perairan Kalimantan Utara sehingga terjadi pergerakan massa uap air dan mengurangi potensi massa uap air di Bintan, sehingga diperkirakan cuaca berawan.

“Hari ini berpotensi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan pada siang hari namun tidak merata,” katanya. (akt/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA