BKN: Gaji PNS Sudah Naik 18 Kali Sejak Tahun 1977

Konfrontasi - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sudah dilakukan sebanyak 18 kali. Kenaikan gaji PNS pertama kali terjadi pada 1977.

"Kalau kita lihat dari PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil, artinya sudah 18 kali terjadi kenaikan gaji sejak PP Gaji terbit tahun 1977," kata Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono di Jakarta, Minggu (20/12/2020).

Dia menuturkan, kenaikan gaji itu memang telah mempertimbangkan banyak hal. Namun, kenaikan gaji PNS selalu mempertimbangkan kondisi keuangan negara.

"Sudah beberapa kali terjadi terakhir tahun 2019, tergantung dari kondisi keuangan negara,” ujarnya.

Pemerintah berencana mengubah sistem baru gaji PNS. Dalam sistem yang baru, gaji PNS tak lagi berdasarkan pangkat dan golongan, melainkan beban dan risiko kerja.

Dengan perubahan itu, kemungkinan besar PNS bisa memperoleh kenaikan gaji pokok. Paryono menyatakan, sistem baru gaji PNS masih dalam pembahasan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Dalam FGD (Focus Group Discussion) juga tidak tahu persis negara mana yang jadi acuan. Tapi saat ini gaji PNS masih dalam pembahasan," tuturnya. (inw/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...