Biaya Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Diperkiraan Rp12 Triliun

Konfrontasi - PT Angkasa Pura II saat ini sedang merencanakan desain pembangunan terminal 4 Bandara Soekarno Hatta sebagaimana permintaan Presiden Joko Widodo. Diperkirakan, total biaya yang dibutuhkan untuk proyek tersebut senilai Rp 11-12 triliun.

"Kita perkirakan Rp 11 sampai 12 triliun, dan memang kita juga tidak berasumsi dengan kita melakukan self investment atau self financing, tentu saja ada pola yang akan kita coba terobos dengan bisnis model baru," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Awaluddin menjelaskan, pihaknya saat ini sedang melakukan kajian terkait skenario mana yang paling optimal.

"Kita sedang menjalankan dua skenario. Satu penyiapan desain tadi untuk gedung terminal dan skenario untuk desain penyiapan pembiayaan, jadi paralel kita siapkan. Satu sisi untuk planing desain dan kontruksi satu lagi untuk financing, jadi dalam waktu yang sama selama 12 bulan bisa selesai semuanya," imbuhnya.

"Kombinasi dari investment dan strategic partnership. Kami masih kaji peluang untuk melihat model atau struktur mana yang optimal," jelasnya.

Ditargetkan Dibangun 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan runway 3, east connecting taxiway, serta gedung VIP Bandara Soekarno-Hatta. Presiden Jokowi ingin Angkasa Pura II terus mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta lebih baik.

Salah satunya dengan memulai pembangunan terminal 4. Presiden Jokowi menargetkan terminal 4 bisa terbangun pada 2022, atau paling lambat 2023.

"Diharapkan 2022 atau paling lambat awal 2023 udah kita punya terminal yang ke-4," ujar Presiden Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (23/1).

Presiden Jokowi mengingatkan pengembangan bandara untuk tidak tertinggal dari laju pertumbuhan penumpang. Pengelola harus satu langkah di depan dalam pengembangan.

"Karena sudah kelihatan traffic semakin banyak, penumpang semakin banyak, jangan kita menunggu sampai penuh lagi. Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu sehingga masyarakat, rakyat terlayani oleh bandara Soekarno-Hatta ini," jelasnya. (mrdk/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...