'Bertahun-tahun Singapura Nikmati Uang Orang Indonesia'

Konfrontasi - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menyebut upaya Pemerintah Singapura menjegal pelaksanaan program pengampunan pajak Pemerintah Indonesia sebagai hal yang wajar.

Singapura telah mendapat banyak keuntungan dari disimpannya banyak dana milik Warga Negara Indonesia (WNI) di bank di sana selama bertahun-tahun.

"Itu normal (penjegalan) di negara di mana banyak dana orang Indonesia," ujar Darmin di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Minggu (24/7/2016).

Darmin mengatakan, Pemerintah Singapura menawarkan paket insentif yang menguntungkan WNI pemilik rekening agar mereka tetap menyimpan uangnya di sana.

Namun, menurut Darmin, upaya pemerintah Indonesia untuk menarik dana itu ke tanah air juga tidak kalah. Pemerintah antara lain menyiapkan instrumen investasi dan insentif yang diharapkan membuat pemilik dana lebih tertarik menyimpan uangnya di dalam negeri.

Selain itu, Darmin mengatakan, mekanisme pengampunan pajak yang saat ini telah diatur undang-undang sebenarnya adalah bentuk insentif tersendiri.

"Insentif tax amnesty itu sendiri sudah cukup. Tetapi akan lebih baik ada juga instrumen penempatan lain seperti investasi langsung. Itu mempermudah (pelaksanaan pengembalian dana WNI ke dalam negeri)," ujar Darmin. (vv/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...