Berkah Pandemi Corona, Industri Pengolahan Ikan Nasional Tetap Untung

Konfrontasi - Industri pengalengan ikan merupakan salah satu sektor yang mendapat keberkahan di tengah wabah virus corona. Sebab, permintaan terhadap produk ikan olahan semakin meningkat, khususnya untuk memenuhi kebutuhan protein masyarakat.

Kementerian Perindustrian mencatat, setidaknya terdapat 718 unit usaha pengolahan ikan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Adapun jumlah produksi sektor pengolahan ikan ini mencapai 1,6 juta ton pada tahun 2019 dengan nilai ekspor USD4,1 juta.

"Stok nasional untuk produk sarden dan makarel kaleng saat ini (2020) berjumlah 35 juta kaleng. Selain diserap melalui pasar ekspor, ritel dan online, olahan ikan kaleng dapat dimanfaatkan sebagai bantuan sosial, kata Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Abdul Rochim, melalui siaran pers, Sabtu (25/4/2020).

Menurutnya industri pengolahan ikan masuk dalam kategori sektor padat karya dan berorientasi ekspor. Oleh karena itu, perlu mendapat prioritas pengembangan lebih lanjut.

"Sebab sektor ini telah mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 336 ribu orang. Dengan tidak adanya kendala suplai bahan baku perikanan lokal, maka penyerapan tenaga kerja dapat dioptimalkan," imbuh dia.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...