Antam Siapkan Skenario Jalankan Bisnis Sambut Era New Normal

Konfrontasi - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menyatakan siap untuk menghadapi skenario new normal di tengah pandemi Covid-19. Sampai saat ini, perusahaan secara disiplin terus menerapkan protokol kesehatan dan kesiagaan Holding Industri Pertambangan-MIND ID secara ketat.

Direktur Utama Antam, Dana Amin mengatakan, sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di sektor strategis, perusahaan berkomitmen terhadap pelaksanaan protokol kesehatan agar menjaga kegiatan operasional tetap berjalan lancar.

"Kesehatan dan keselamatan pegawai dan masyarakat merupakan prioritas Antam. Saat ini operasional tambang dan pabrik dijalankan dengan pedoman protokol Holding Industri Pertambangan-MIND ID serta sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah setempat dalam penanganan Covid-19," katanya melalui siaran pers, Sabtu (23/5/2020).

Dia mengatakan, saat ini perusahaan tengah mengimplikasikan skema new normal secara bertahap sesuai dengan arahan Kementerian BUMN. Pertama, pegawai kantor pusat di Jakarta dan unit bisnis yang berlokasi di Jawa Barat, telah menerapkan sistem work from home berkisar 50 hingga 100 persen untuk keselamatan pegawai.

Kedua, Antam melakukan screening kesehatan secara ketat di setiap area kerja baik di tambang maupun di pabrik. Ketiga, menerapkan pembatasan jarak fisik, pengukuran suhu tubuh, mewajibkan penggunaan masker, hingga penggunaan hand sanitizer.

Keempat, pemberian vitamin bagi pegawai. dan Kelima, isolasi mandiri untuk pegawai yang baru memasuki daerah tambang dan pabrik setelah melakukan perjalanan serta larangan penerimaan tamu perusahaan.

Percaya Indonesia Bisa Terapkan New Normal

Nantinya, kata Dana, perusahaan secara bertahap pegawai yang berusia di bawah 45 tahun atau tidak memiliki penyakit penyerta (comorbid) akan mulai melaksanakan aktivitas secara normal. Pelaksanaan aktivitas ini berpedoman pada Kebijakan Kementerian BUMN maupun instansi kementerian terkait seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian kesehatan.

Antam sendiri optimis dengan kerjasama seluruh pihak serta kedisiplinan dalam menerapkan protokol penanganan covid-19. Indonesia akan mampu menerapkan skema new normal di tengah pandemi yang saat ini sedang berlangsung.

"Saat ini, Antam telah memiliki Protokol Penanganan Covid-19. Dalam kaitannya dengan human capital & culture, operasional kerja termasuk di dalamnya yang menyangkut business continuity yang terkait dengan pelanggan, pemasok, mitra dan stakeholder lainnya sesuai protokol kesehatan dan kesiagaan Holding Industri Pertambangan-MIND ID," tandasnya. (mrdk/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA