Wah, Jus Jeruk Picu Serangan Jantung

Konfrontasi – Dunia kesehatan selalu menyatakan buah jeruk sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Namun, kandungan jeruk ternyata memiliki bahan berbahaya bagi organ jantung.

Dalam sebuah penelitian di Australia, konsumsi jus jeruk setiap pagi hari meningkatkan risiko jantung atau angina. Tim peneliti dari Swinburne University of Technology di Hawthorn, Australia menemukan kandungan jeruk dapat memicu pembesaran pembesaran aorta yakni arteri sebagai pemompa oksigen ke seluruh tubuh.

Dr Matthew Pase mengatakan persepsi jus jeruk sangat menyehatkan tidak sepenuhnya benar. Sebab, jus tetap mengandung kadar gula tinggi dan kehilangan serat.

"Jus buah cenderung mengandung gula yang berlebihan. Seperti yang dijual kemasan, hal ini dapat memperburuk prevalensi hipertensi dan penyakit kardiovaskular," imbau Pase.

Pase menjelaskan jus juga menyebabkan obesitas dengan contoh 250ml jus mengandung 115 kalori atau setara tujuh sendok teh gula. Sedangkan minuman berkarbonasi memiliki 139 kalori. Adapun konsumsi gula per hari sebaiknya 6 sendok teh.

"Bagi anak-anak, jus buah dapat menyebabkan gigi busuk. Di Inggris, satu dari delapan anak telah menderita kerusakan gigi pada usia tiga tahun," papar Pase.

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...