Simaklah ini: 10 Kampus Terbaik dan Terkemuka di Amerika Serikat

Harvard kembali mengukuhkan namanya sebagai kampus terbaik di dunia 2014. Peringkat itu diberikan oleh Center for World University Ranking (CWUR) berdasarkan delapan indikator penilaian.

Delapan indikator tersebut memiliki bobot berbeda. Lima indikator, yakni mutu pendidikan, pekerjaan alumni, kualitas fakultas, publikasi, dan pengaruh memiliki bobot penilaian masing-masing sebesar 25 persen. Kemudian tiga indikator lainnya, yaitu kutipan, luas dampak, dan paten berbobot lima persen.

Secara lengkap, berikut 10 kampus asal Negeri Paman Sam yang masuk dalam pemeringkatan kampus terbaik dunia 2014 versi CWUR. Demikian, seperti dikutip dari laman CWUR, Jumat (1/8/2014).

1. Harvard University
Dalam pemeringkatan CWUR, kampus yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts itu menempati urutan pertama dari seluruh perguruan tinggi di dunia. Tidak hanya itu, universitas yang berdiri pada 8 September 1636 tersebut juga merupakan kampus terbaik di AS.

2. Stanford University
Persis di belakang Harvard, kampus yang berdiri pada 1891 itu harus puas berada di peringkat dua. Prestasi serupa juga diraih Standford untuk lingkup AS.

3. Massachusetts Institute of Technolgy (MIT)
Kampus terbaik untuk bidang IT itu harus puas menempati urutan ketiga. Demikian pula dalam lingkup AS.

4. Columbia University
Universitas tempat Cinta Laura menimba ilmu itu meraih posisi keenam dalam pemeringkatan kampus terbaik di dunia. Sementara untuk skala nasional, Columbia University berada di urutan empat se-AS.

5. University of California, Berkeley
Pada tingkat nasional AS, kampus yang berlokasi di San Fransisco itu menempati ranking lima. Namun, dalam daftar WCUR, universitas berusia 146 tahun itu harus puas berada di nomor tujuh.

Selain negara-negara Eropa, Amerika Serikat (AS) juga menjadi pilihan utama para pelajar asing, termasuk Indonesia untuk melanjutkan studi. Sederet kampus berkualitas dunia untuk segala jurusan yang ada di sana seakan menjadi magnet tersendiri bagi para pelajar asing. Harvard University, Standford University, Massachusetts Institute of Technolgy (MIT), C0lumbia University, dan University of California, Berkeley menempati urutan lima besar dalam 10 kampus terbaik di AS yang masuk dalam daftar pemeringkatan perguruan tinggi terbaik se-dunia versi Center for World University Ranking (CWUR). Berikut peringkat 6-10, seperti dikutip dari laman CWUR, Jumat (1/8/2014).

6. University of Chicago Kampus dengan maskot burung phoenix itu merupakan kampus terbaik nomor enam di AS. Namun, untuk skala global versi CWUR, perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak 1890 itu harus puas berada di peringkat delapan.

7. Princeton University Untuk lingkup global, kampus yang berlokasi di New Jersey itu menempati urutan sembilan sebagai kampus terbaik dunia. Sementara dalam skala nasional AS, universitas berbasis riset itu tercatat di posisi tujuh.

8. Yale University Pada pemeringkatan nasional AS, kampus berusia lebih dari tiga abad itu menempati ranking delapan. Sementara posisinya dalam pemeringkatan kampus terbaik di dunia berada di urutan 10.

9. Cornell University Universitas yang berlokasi di Ithaca, New York itu tercatat sebagai kampus terbaik dunia nomor 11. Namun, untuk skala nasional AS, Cornell University berada di nomor sembilan.

10. California Institute of Technology Kampus yang biasa disebut Caltech itu merupakan kampus terbaik ke-12 di seluruh dunia. Dalam lingkup nasional, kampus yang berdiri sejak 1891 itu menempati urutan 10. (mrg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA