Rayakan HUT, IKJ Gelar Open House

Konfrontasi - Institut Kesenian Jakarta (IKJ) akan menggelar acara "open house" dalam merayakan hari jadinya (HUT) Ke-45. Acara ini terbuka bagi para calon pekerja seni Tanah Air dan masyarakat, untuk menghadiri, menyaksikan, dan berpartisipasi dalam serangkaian acara di kampus IKJ dan Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, pada 5-6 Juni 2015.

"Seluruh rangkaian acara ini kami gelar dalam rangka 45 tahun IKJ, yang dimulai dengan open house pada 5 Juni nanti. Sekadar catatan, kita adalah perguruan tinggi pertama yang menekankan disiplin dalam satu atap," kata Rektor IKJ Wagiono Sunarto dalam keterangan persnya  di Jakarta, Selasa (2/6).

Acara "open house" ini dibuka untuk calon mahasiswa lulusan SMA dan masyarakat umum. Pengunjung dapat melakukan kunjungan atau tur ke berbagai kelas maupun studio yang ada di dalam fakultas-fakultas di IKJ.

Acara open house juga akan dimeriahkan dengan berbagai workshop seni yang digelar pada 6 Juni 2015. Beragam topik menarik dan interaktif akan difasilitasi oleh Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan, serta Fakultas Film dan TV.

Perayaan HUT Ke-45 dan open house ini juga menampilkan portfolio dari berbagai fakultas dan almamater IKJ. Para pengunjung open house tersebut, nantinya, dapat menyaksikan, mengapresiasi, serta memantapkan pilihan mereka untuk bidang seni yang akan mereka ambil nantinya saat berkuliah di IKJ.

Sementara itu aktor senior Slamet Rahardjo yang juga salah seorang pencetus kurikulum Fakultas Film dan TV IKJ, menyatakan, di hari jadinya yang ke-45, sesuai dengan misinya, IKJ harus bisa membuat bangsa ini menjadi bangsa yang produktif. "Selama ini, negara kita terlalu konsumtif," katanya.

"Maka lebih tepat jika saya katakan jadi industri kreatif. Kalau ekonomi kreatif, ekonomi itu hanya pendekatannya. Tapi ini harus menjadi industri. Entah itu yang industri rumahan atau industri yang besar. Saya mau mengembalikan bangsa ini menjadi bangsa yang produktif," tegas Slamet.

Puncak acara HUT IKJ ke-45 akan digelar pada Jumat (26/6) di Teater Jakarta, yang dipimpin langsung oleh Rektor IKJ. Turut hadir para pejabat pemerintah RI, civitas akademika IKJ, dan para sahabat IKJ, yang selama ini terus mendukung dan bekerja sama dalam memajukan pendidikan dan pengabdian masyarakat IKJ. (rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...