Ratusan Guru di Kubu Kalbar Ikuti Pelatihan Seni dan Tari

Konfrontasi - Ratusan Guru dari tingkat PAUD sampai SMA yang ada di Kabupaten Kubu Kalbar mengikuti pelatihan Seni Tari Melayu dan Dayak serta musik tradisional guna melestarikan kesenian budaya di daerah itu.

"Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama dua hari, dimana pelatihan seni tari dan musik ini dilakukan guna memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Melayu dan Dayak yang ada di Kabupaten itu," kata Ketua Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kubu Raya, Busri di Sungai Raya, Rabu (3/6).

Dia menambahkan, kegiatan pelatihan itu merupakan gawai ke dua yang dilakukan oleh pihaknya, dimana pada tahun lalu, kegiatan tersebut mendapatkan antusias dari sejumlah guru dan siswa di Kabupaten ini.

"Selain pelatihan, kami juga dipercaya oleh Pemerintah Daerah untuk menggelar gawai dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, pada bulan Juli nanti," tuturnya.

Ditempat yang sama, Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan, banyaknya kesenian dan budaya tradisional di Daerah ini, diharapkan para guru dan anak didik dapat memotivasi agar tetap melestarikan kesenian budaya yang ada di Daerah itu.

Rusman Ali mengapresiasi kepada Dewan Kesenian yang telah menggelar kegiatan yang dapat memperkenalkan sejumlah kesenian tradisional yang ada kepada guru dan anak didik.

"Saya juga meminta agar kegiatan ini bisa diselenggarakan setiap tahun, sehingga pelatihan ini bisa menjadi agenda tahunan bagi Pemerintah Daerah," tuturnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Usman Ar-Rasyid mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Dewan Kesenian. Untuk itu, dirinya meminta kepada Dewan Kesenian agar tetap menggelar kegiatan itu dengan sejumlah hiburan yang dapat menghibur masyarakat Kubu Raya.

"Manifestasi dari kegiatan itu harus dapat dipertahankan dan tentunya agenda ini harus mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah sehingga mendapatkan alokasi anggaran untuk kegiatan tersebut," katanya.(rol/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...