Perkuat Kualitas Mahasiswa, Stiamak Barunawati Masukkan Mata Kuliah Baru

KONFRONTASI -   Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi & Manajemen Kepelabuhan (Stiamak) Barunawati Surabaya memasukkan mata kuliah baru, Psikologi Manajemen mulai tahun  akademik 2020/2021. Keputusan itu dilakukan untuk mengakomodir masukan dari para pelaku bisnis maritim dan pengamat maritim nasional.

Menurut Kepala Program Studi Stiamak Barunawati Surabaya, Soedarmanto, para pelaku bisnis maritim dan pengamat memberikan masukan agar mahasiswa Stiamakan mampu mengembangkan penguasaan materi di lapangan. "Amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 tentang kurikulum juga menyebutkan tentang Kurikulum Pendidikan Tinggi bisa dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi," ujarnya, Senin (13/1/2020).

Pihaknya mendukung setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) itu sendiri, diatur dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 Pasal 1.

Ketentuan itu menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaran program studi.

Sementara Kurikulum Pendidikan Tinggi itu sendiri, kata dia, merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui. Kurikulum itu perbarui sesuai perkembangan kebutuhan dan IPTEK yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran.

Stiamak Barunawati akhirnya memutuskan melakukan perubahan kurikulum diantaranya mencantumkan Mata Kuliah Psikologi Manajemen. "Ide ini muncul, berawal dari masukan para praktisi dan pengamat maritim nasional yang menginginkan para mahasiswa tidak hanya sekedar menguasai materi atau konsep bisnis maritim semata," ujar Ketua Stiamak Barunawati Surabaya, Nugroho Dwi Priyohadi.

Mereka, kata Nugroho, berharap para mahasiswa perguruan tinggi di bawah naungan PT Pelindo III Surabaya ini, mampu mengembangkan penguasaan materi di lapangan. "Situasi, kondisi dan perilaku kerja di lapangan harus dikuasai, makanya mata kuliah mulai 2020 kita tambah Psikologi Manajemen," ujarnya.

Para tokoh yang ikut andil dibalik masuknya mata kuliah baru ini diantaranya praktisi bisnis maritim yang President Director PT Jasa Armada Indonesia (IPC Marine), Chiefy Adi Kusmargono. Ikut memberi masukan yang sama, Pengamat Maritim Nasional, Saut Gurning.(Jft/Suarakarya0

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA