Pemprov Kalbar Undang 10 Dubes Pada Perayaan Imlek

Konfrontasi - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengundang 10 duta besar untuk menghadiri perayaan Imlek yang akan dipusatkan di Kota Singkawang.

"Pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini, pak Gubernur telah mengundang 10 duta besar dari beberapa negara seperti Tiongkok, Amerika, Malaysia dan beberapa negara lainnya. Pada tahun ini, perayaan Imlek dan Cap Go Meh akan dipusatkan di kota Singkawang, dimana dalam perayaannya akan dilangsungkan pawai budaya, arak-arakan tatung dan naga serta barongsai," kata Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya di Pontianak, Selasa (17/2).

Dia menjelaskan, untuk perayaan Imlek dan Cap Go Meh pada tahun ini memang sengaja dipusatkan di Kota Singkawang. Menurut dia, selama ini kota tersebut memang dikenal sebagai Hong Kong kedua di dunia karena masyarakat disana di dominasi oleh etnis Tionghoa.

Selain itu, Singkawang juga dikenal sebagai kota wisata di Kalbar dan diharapkan dengan adanya even Imlek dan Cap Go Meh tersebut bisa meningkatkan jumlah wisawatan yang berkunjung.

"Untuk perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Pontianak masih tetap ada, dimana akan ada arak-arakan naga, namun tidak ada pawai budaya dan arakan tatung. Namun, saya harapkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Pontianak pada tahun ini tetap bisa meriah," tuturnya.

Christiandy mengatakan, saat ini perayaan Cap Go Meh dan Imlek di Singkawang sudah menjadi destinasi wisata dari Kementerian Pariwisata. Daya tariknya pun tidak hanya tingkat nasional, bahkan hingga ke Internasional.

"Di tahun 2013 saja, beberapa duta besar dari negara lain juga ikut hadir menyaksikan perayaan satu tahun sekali ini. Untuk itu, kita berharap Imlek dan Cap Go Meh tahun ini bisa terlaksana dan berjalan sukses," tuturnya.

Dia yakin, kesuksesan pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh bisa memberikan dampak besar pada semua pihak termasuk dunia pariwisata. Jika dunia pariwisata maju, maka berdampak juga pada kesejahteraan masyarakat.

"Kita tahu jika dunia pariwisata itu maju, maka efeknya sangat banyak. Salah satunya untuk kesejahteraan masyarakat, karena semuanya ikut terlibat," kata dia.(akl/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA