Pemkot Cimahi Bangun Koperasi untuk Cegah Meruyaknya Rentenir

KONFRONTASI - Pemerintah kota Cimahi membangun koperasi di setiap kelurahan untuk mencegah berkembangnya rentenir dengan berbagai modusnya. Bahkan ke depan akan disiapkan koperasi di tiap RW.

Kepala Bidang (kabid) Koperasi dan UMKM Diskopindagtan Kota Cimahi, Asnadi Junaedi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan koperasi di 15 kelurahan dan semuanya berbadan hukum.

"Kami sudah menyiapkan koperasi di 15 kelurahan yang siap mewadahi aktivitas perekonomian warga. Ini untuk melindungi warga dari para rentenir dan investasi bodong," katanya kepada INILAHCOM, Minggu (11/1/2015).

Diakuinya, rentenir dengan berbagai kedoknya telah merajalela dan menyengsarakan masyarakat. Maka, menyiapkan koperasi yang aktif dan terbina adalah kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Rentenir meski berkedok koperasi simpan pinjam jelas berbeda dengan koperasi yang asli. Tujuan utama Koperasi adalah mengembangkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Koperasi merupakan perkumpulan orang-orang, bukan perkumpulan modal sehingga laba bukan merupakan ukuran utama kesejahteraan anggota. Tujuan koperasi bukan mencari laba yang sebesar-besarnya, melainkan melayani kebutuhan bersama dan wadah partisipasi pelaku ekonomi skala kecil.

Dengan dibangunnya koperasi setiap kelurahan, diharapkan bisa memperkokoh perekonomian masyarakat. "Satu koperasi setiap kelurahan. Ke depannya, diharapkan ada koperasi di setiap RW," katanya. - See more at: http://dunia.inilah.com/read/detail/2169155/cegah-rentenir-andalkan-kope...(Juft/Inlh)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA