16 August 2018

Pameran Teknologi Informasi Mega Bazaar 2015 Digelar di Tiga Kota

Konfrontasi - Pameran teknologi informasi Mega Bazaar 2015 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), pada 4-8 Maret 2015. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini, Mega Bazaar hanya ada di tiga kota, yakni Jakarta, Makassar, dan Yogyakarta. Di Makassar, penyelenggaraannya pada 4-8 Maret, sedangkan Yogyakarta pada 7-11 Maret.

Pada 2014, Mega Bazaar dapat juga dijumpai di Medan, Surabaya, Semarang, dan Purwokerto. “Pengurangan dilakukan karena karakteristik konsumen dan kondisi venue di setiap kota,” kata General Manager Dyandra Promosindo Ichwan Sofwan, di Jakarta, Rabu (4/3), 4 Maret 2014.

Dia mencontohkan, di Medan dan Surabaya, konsumen lebih suka membeli gawai di mal dibandingkan di pameran. Sedangkan di Semarang terkendala oleh keterbatasan tempat penyelenggaraan yang terletak jauh dari pusat kota. Lain lagi dengan di Purwokerto, yang konsumennya lebih senang berburu gawai di Yogyakarta.

Adapun jumlah perusahaan yang berpartisipasi juga berkurang menjadi 78 dari 136 perusahaan. Hal ini, kata Ichwan, karena banyaknya perusahaan distributor yang melakukan penggabungan dengan perusahaan lain.

Meskipun jumlah perusahaannya berkurang, jumlah merek yang dipamerkan meningkat menjadi lebih dari 200 merek. Merek yang dipasarkan, antara lain Samsung, Lenovo, Sony, Canon, dan Olympus.

Tema yang diusung tahun ini adalah Technology and Entertainment. Dyandra Promosindo, selaku panitia menargetkan transaksi senilai Rp 475 miliar.“Ini menurun dibandingkan tahun lalu, karena kami realistis dengan harga gawai yang semakin murah,” kata Pada Mega Bazaar 2014 lalu, total transaksi yang diraih adalah Rp 678 miliar.

Ichwan menyebutkan, saat ini harga telepon pintar dan komputer berada di kisaran Rp 2-7 juta. Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya, harga gawai rata-rata di atas Rp 7 juta. Akibatnya, penyelenggara pameran pun pemasukannya menurun. Selain faktor harga, penurunan target disebabkan faktor pengurangan tempat penyelenggaraan. (tmp/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


loading...