23 November 2017

Legenda Ikan Paus

Cerita Rakyat

 

Kehidupan di bawah laut adalah kehidupan yang paling susah di tebak. Sampai-sampai asal mula terbentuknya juga tidak diketahui. Ada berbagai macam penghuni lautan. Dari yang terkecil sampai yang terbesar. Namun belum yang terbesarlah yang paling jahat. Dan juga belum tentu yang terbesar berasal dari yang terbesar.  Oleh karena itu, cerita ini dibuat.

                Dahulu kala, ketika bumi masih dominan kebiruannya dan dinosaurus masih ada, ada sebuah makhluk hidup yang kecil di lautan. Namanya ikan karet. Meski kecil, ikan karet memiliki kemampuan untuk memperbesar tubuhnya asalkan dia menyerap sesuatu. Namun ikan karet terkenal penakut dan penyendiri. Mereka hanya memakan plankton dan hewan-hewan kecil lainnya. Suatu ketika, si ikan karet sedang berjalan-jalan di sekitar terumbu karang. Sambil mencari plankton yang mungkin lewat di depannya. Tiba-tiba terjadi guncangan yang sangat hebat. Dari atas permukaan kelihatan ada banyak matahari. Dan semakin lama semakin membesar. Tiba-tiba sesuatu jatuh dan masuk kedalam lautan. Ternyata terjadi hujan meteor. Satu per satu batu meteor menghatam lautan. Semua ikan di lautan, dari yang terkecil sampai yang terbesar lari menghindari batu meteor. Ikan karet pun ikut serta dalam proses penyelamatan diri itu. Dengan lincah dia melewati terumbu-terumbu karang. Semakin lama, dasar lautan mulai hancur akibat hujan meteor. Oksigen di lautan mulai menguap sehingga ikan karet mulai sesak nafas. Semakin lama, nafasnya mulai sesak. Sehingga pandangannya mulai kabur dan pada akhirnya dia pingsan. Namun sebelum pingsan, dia menelan sesuatu dari mulutnya. Namun dia tidak tahu.

                Beberapa saat kemudian dia membuka matanya. Pada saat itu dia sedang terapung. Dia melihat ke sekelilingnya. Dan pada saat melihat ke bawah, semuanya rata dengan dasar laut. Semua ikan mati dan tidak ada yang tersisa. Dia kemudian menyadari kalau badannya sedikit berubah. Badannya membesar, giginya mulai membesar dan rata, di atas kepalanya muncul 2 buah lubang dan suaranya membesar. Dia kemudian mencoba mencari teman-temannya, namun beberapa saat kemudian nafas mulai sesak lagi. Dia kemudian berlari mencoba mencari oksigen. Namun dia tidak menyadari kalau dia berlari ke permukaan laut. Saat mulutnya keluar dari permukaan laut, tiba-tiba oksigen masuk ke tubuhnya. Saat itu dia menyadari kalau fungsi kedua lubang di atas kepalanya untuk menarik oksigen. Dia kemudian mencoba mengukur lama waktunya dia harus turun ke laut dan kembali ke permukaan laut. Dan mendapat waktunya 90 menit di setiap ke dalaman 1000 meter.

                Setelah mengetahui semuanya, dia mencari temannya. Dia mencarinya cukup lama. Dan hanya menemukan bangkai dinosaurus-dinosaurus yang hidup di lautan yang sudah mati. Tiba-tiba dia merasa curiga akan sesuatu yang di lihatnya. Seekor ikan karet menelan dinosaurus air ke dalam badan mereka. Dan tiba-tiba badan mereka membesar dan muncul2 lubang di atas kepalanya. Dia kemudian teringat apa yang terjadi sebelum ini. Saat dia menelan sesuatu sebelum dia pingsan. Ternyata dia menelam seekor dinosaurus laut. Dia kemudian pergi menemui ikan karet yang dia lihat tadi dan menanykan beberapa pertanyaan. Dan dia kemudian tahu kalau saat mereka menelan dinosaurus laut itu, paru-paru mereka berevolusi menjadi paru-paru dinosaurus laut.

                Sejak saat itu mereka di kenal sebagai ikan paus. Ikan yang besar dan sangat ramah.(Juft/kumpulan cerpen dan dongeng baru)

Tags: 
Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...