Kuantan Singingi Gelar Kontes Batu Akik Februari Mendatang

Konfrontasi - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi (Kuasing), Provinsi Riau berencana menggelar kontes batu mulia atau batu akik pada Februari mendatang.

"Agenda ini akan sangat menarik perhatian penggemar batu akik, bahkan akan menguntungkan daerah dengan mempromosikan kekayaan Kuansing ke penggemar batu dari berbagai daerah," kata salah seorang staf Disbudparpora Kuansing Teja Dira di Teluk Kuantan, Selasa (20/1).

Ia mengatakan, banyak orang baik dari kalangan bawah hingga pengusaha dan pejabat menyukai koleksi batu. Namun selama ini masih sebatas hobi, sementara di daerah lain batu cincin sudah menjadi tren dan dibuatkan kontes.

Menurut dia, selain dari Kuansing, ratusan penggemar batu akik dari Kabupaten/kota lainnya diperkirakan akan turut serta meramaikan kontes yang akan mengusung tema  "Seribu Warna untuk Satu" ini. (Baca: Dumai gelar kontes batu akik terbesar se-Sumatera)

Salah satu tujuan diselenggarakannya Kontes yang akan memperebutkan hadiah uang tunai ini, memperkenalkan kepada masyarakat, betapa daerah ini banyak mengandung batu mulia yang punya nilai ekonomi.

Batu akik yang berasal dari Kuansing sejauh ini sudah cukup terkenal, seperti batu Kuantan, batu Logas dengan berbagai jenis, semua batu bermotif seperti dari daerah lain juga terdapat di Kuansing. (akl/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...