Kemendikbud Nominasikan Wakatobi sebagai Kabupaten Pelestari Budaya

Konfrontasi - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menominasikan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sebagai kabupaten pelestari budaya di Indonesia.

"Setelah masuk nominasi sebagai kabupaten pelestari budaya, Bupati Wakatobi diundang tim Kemendikbud memaparkan nilai-nilai kearifan budaya lokal Wakatobi yang diadopsi dalam penyelenggaran pemerintahan," kata Kabag Humas dan Protokoler Kabupaten Wakatobi La Ode Ifi yang dihubungi di Wangiwangi, Senin (8/6).

Menurut dia, Kemendikbud menominasikan Wakatobi menjadi kabupaten pelestari budaya tersebut bersama lima kabupaten lain di Indonesia, antara lain Kabupaten Siak di Sumatera Sumatera Barat.

"Dari enam kabupaten yang masuk nominasi itu, Kemendikbud akan menetapkan tiga kabupaten sebagai kabupaten pelestari budaya," katanya.

Ia mengatakan dalam lima tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Wakatobi mengadopsi nilai-nilai kearifan budaya lokal setempat dalam penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten tersebut sebagai upaya pemerintah melakukan reformasi birokrasi dan revolusi mental.

"Dengan mengadopsi nilai-nilai kearifan budaya lokal dalam pemerintahan, Wakatobi mengalami perkembangan pembangunan yang luar biasa ditandai dengan pertumbuhan ekonomi di atas 10 persen," katanya. (akl/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...