Kapolres Pangkajene: Pengiriman Naskah Soal UN Dikirim Lewat Udara di Pulau Terpencil

Konfrontasi - Naskah Ujian Nasional 2016 untuk pulau terpencil seperti Pulau Sailus, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, dikirim melalui jalur udara dari Lombok, NTB. 

Pulau Sailus memang berada di Sulawesi Selatan, namun secara geografis jauh lebih dekat ke Pulau Sumbawa, NTB. Pilihan transportasi di sana cuma dua, lewat laut atau udara. 

"Pengiriman naskah UAN harus benar-benar aman sampai tujuan, termasuk jika pengiriman di pulau-pulau terpencil dan terluar," ujar Kepala Polres Pangkajene Kepulauan, AKBP Moh Hidayat, di Makassar, Sabtu (2/4/2016).

Dia mengatakan, polisi mengawal ketat pengiriman naskah-naskah UN 2016 ini, termasuk ke pulau-pulau terpencil di sana. 

Jika menggunakan perjalanan laut, kata dia, bisa memakan waktu berhari-hari pelayaran, mengingat jarak Makassar-Pulau Salius hingga 500 kilometer. Pelayaran berhari-hari dengan kondisi cuaca kurang bisa ditentukan juga sama jika dikirim dari Pangkajene Kepulauan. 

Masih ada lagi beberapa pulau terpencil di sana, yaitu Pulau Sapuka, Kecamatan Liukang Tangaya, yang ditempuh dalam waktu 48 jam pelayaran dalam kondisi laut tenang. 

Kali ini, dua polisi mengawal pengiriman naskah UN 2016 itu, yaitu Brigadir Kepala Polisi Suwitri dan Brigadir Kepala Polisi Andi Awaluddin bersama Kepala Sekolah Laenre menggunakan KM Perintis Papua 2.

"Pengiriman naskah UN untuk pulau-pulau terpencil menjadi prioritas utama karena kami khawatir cuaca buruk bisa mempengaruhi pendistribusiannya," kata Hidayat. 

Pada sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Sidik Salam, menjamin kerahasiaan soal ujian nasional. Ia mengatakan mulai dari pencetakan hingga distribusi, dalam setiap tahapan pergerakannya, berkas soal selalu diikuti petugas pengamanan.

"Antisipasi kebocoran soal sudah dilakukan dalam suatu sistem, mulai dari pusat, provinsi, hingga ke kabupaten/kota, sehingga kami yakin kerahasiaan soal terjamin," katanya.

Naskah soal UN 2016 untuk kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan sudah tiba sejak 23 Maret dari Jakarta. (ant/mg)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...