Kabupaten Gowa akan Disulap Jadi Kota Wisata

KONFRONTASI - Pemerintah berencana menjadikan Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan sebagai salah satu kota tujuan wisata. Kabupaten Gowa Malino dinilai memiliki beragam perkebunan yang bisa dijadikan sebagai pusat wisata untuk keluarga.

Wakil Presiden Jusuf Kalla membahas rencana tersebut bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

"Rencana pengembangan di wilayah Kabupaten Gowa. Pengembangan dengan salah satu tujuan wisata di Sulawesi Selatan berbasis alam dan bunga, sayuran dan buah yaitu di Malino," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Kamis (30/6/2016).

Kabupaten Gowa merupakan kota dengan tingkat ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Cuaca yang sejuk menjadi salah satu daya tarik untuk menjadikan kota ini sebagai kota wisata dengan potensi wisata perkebunan bunga.

Rencana ini, sambung Siti, akan membuat kota itu sibuk dengan pembangunan beragam sarana dan prasarana pendukung. Kesibukan ini akan membuka kesempatan kerja dan menggeliatkan kembali perekenomian masyarakat setempat. "Bagus untuk rakyat dan ekonomi akan bertumbuh pesat," kata dia.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pun akan mengeluarkan surat keputusan untuk membentuk tim kerja terpadu antara Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Gowa. Tim ini akan didukung oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian LHK.

Dalam perencanaannya, kata Siti, seluruh sudut kota dan pemukiman akan dimanfaatkan ditumbuhi bunga dan sayuran. Pendanaan pun ditanggung oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. "Bersama-sama pusat dan daerah provinsi serta kabupaten," kata Siti. [ian/mtv]

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...