Ini Simbol Kemakmuran Majapahit yang Masih Berdiri Kokoh

KONFRONTASI - Candi Gunung Gansir, di Pasuruan, Jawa Timur merupakan simbol kemakmuran pertanian di zaman Kerajaan Majapahit. Situs purbakala ini bukan hanya menarik masyarakat umum, tetapi pelajar dan mahasiswa yang belajar sejarah.

Dengan mengendari sepeda angin, para pelajar bisa mengunjungi Candi Gunung Gangsir. Biasanya, kunjungan dilakukan usai  pulang sekolah. Suasana yang sejuk, membuat para pelajar merasa nyaman untuk mengelilingi halaman candi dengan sepeda.

Candi Gunung Gangsir berada di Jalan Raya Surabaya-Pasuruan, sejauh satu kilometer tepatnya dari Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

Candi ini terbuat dari batu merah dengan panjang 24 meter dan lebar ketinggian 17 meter. Peninggalan Kerajaan Majapahit ini dibangun oleh Empu Sendok pada abad ke-10 Sebelum Masehi (SM).

Keberadaannya sebagai lambang keberhasilan masyarakat dalam bidang pertanian, yakni padi, palawija, dan kapas. Meski begitu, selama berdiri candi ini baru dilakukan pemugaran satu kali pada 2004 oleh Dinas Purbakala.

Selain keberadaannya, material fisik lumayan baik dan ornamen candi banyak yang orsinil. Candi ini banyak didatangi pelajar dan mahasiswa untuk pembelajaran sejarah. (Jft/Sindo)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA