Ini Delapan Tempat Wisata Mengagumkan di NTT

Konfrontasi - Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki delapan tempat wisata yang mengagumkan di pulau Flores, namun masih luput dari perhatian untuk dikelola dan dipromosikan ke para wisatawan nusantara dan mancanegara.

Kedelapan tempat wisata alam itu antara lain Danau Kelimutu, Gua Liang Buaya, Taman Naional Komodo, Pink Beach, Pantai Koka, Pulau Kanawa, Dana Sano Nggoang, Air terjun Cunca Rame dan lainnya di pulau lain di NTT," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur Dr Marius Ardu Jelamu, di Kupang, Kamis (28/5).

Danau Kelimutu terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru. sekitar 66 km dari kota Ende dan 83 kilometer dari Maumere tepatnya di puncak Taman Nasional Kelimutu. Danau Kelimutu ini memiliki keunikan tersendiri, danaunya memiliki tiga warna yang berbeda. Pengunjung bisa melihatnya sendiri ketika mengunjungi danau ini.

Gua Liang Bua terletak di Kabupaten Manggarai, Nusai Tenggara Timur 14 kilometer dari Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai.

Di sini pernah ditemukan fosil tengkorak manusia purba yang berukuran pendek yang disebut sebagai Homo floresiensis. Di Gua Liang Bua, pengunjung hanya bisa melihat gua besar dengan batu stalagmit.

Taman Nasional Komodo atau Pulau Komodo. Taman Nasional ini merupakan tempat favorit para wisatawan yang mengunjungi Flores.

Di pulau ini pengunjung bisa melihat Komodo berkeliaran dari dekat, tentunya dengan pemandu wisata.

Untuk menuju ke sana, wisatawan harus melewati Labuan Bajo yang merupakan pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Taman Nasional Komodo.

"Di Labuan Bajo juga pengunjung dapat mengunjungi beberapa pulau yang menghadap ke pelabuhan ini seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. Selain itu anda juga dapat mengunjungi Gua Batu Cermin di Labuan Bajo.

Kecuali itu, katanya Pink Beach di hamparan pasir pantai berwarna merah muda sebagai salah satu keindahan alam yang ada di Flores,

Pantai merah muda ini hanya dapat ditemukan di tujuh negara yaitu Indonesia, Bermuda, Filipina, Italia, Yunani, Bahamas, Karibia.

Demikian pula Pantai Koka yang terletak di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan air lautnya yang jernih.

"Anda akan terkagum-kagum melihat pemandangannya yang indah, tentunya berkunjung ke sini akan membuka mata anda tentang keindahan pantai-pantai di Indonesia," katanya.

Begitu pula Pulau Kanawa yang terletak 15 kilometer dari Labuan Bajo dan memiliki luas sekitar 32 hektar. Pasir putih dan airnya sangat jernih sehingga anda dapat melihat keindahan karang bawah lautnya. Selain itu jika pengunjung ingin menyelam, akan menemukan beberapa hewan laut yang menakjubkan seperti manta, hiu, paus dan hewan menakjubkan lainnya.

Tak ketinggalan pula Danau Sano Nggoang yang terletak di Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Flores. Kegiatan yang bisa dilakukan disini adalah rekreasi dengan menungang kuda keliling danau, mandi air panas, tracking.

Dan keindahan alam lainnya yang mengagumkan di NTT adalah Air Terjun Cunca Rami yang berjarak 30 km dari Labuan Bajo.

"Sebelum mencapai air terjun ini pengunjung harus menyusuri hutan Mbelling dan melakukan perjalanan sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk mencapainya. Jika pengunjung berkunjung ke Manggarai Barat tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata ini.

Menurut Marius Ardu Jelamu, tempat-tempat wisata yang mengagumkan itu sesungguhnya merupakan modal utama di bidang pariwisata untuk peningkatan ekonomi penduduk, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya dengan maksimal sehingga belum menjadi perhatian wisatawan.

"Kedelapan tempat wisata yang mengagumkan ini perlu mendapat perhatian karena sangat potensial untuk mendatangkan devisa bagi negara dan daerah,," katanya.(akl/ar)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...