Ini Biaya Kuliah di Universitas Indonesia 2021 Program S1 Reguler

KONFRONTASI -    Universitas Indonesia (UI) telah menetapkan tarif UKT bagi Mahasiswa Program Sarjana (S1) Reguler tahun 2021. Bagi calon mahasiswa S1 Reguler, bisa memilih antara Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) atau Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P). Hal tersebut disampaikan UI melalui laman Instagram resmi, Selasa (6/4/2021),"Halo, Calon Mahasiswa Baru Program S1 Reguler UI. Berikut ini adalah mekanisme penetapan biaya pendidikan bagi mahasiswa Program Sarjana Reguler. Bagi mahasiswa S1 Reguler, kalian bisa memilih antara Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) atau Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P). Untuk informasi lebih lanjut hubungi WA 0821-2351-5729." Meski besaran biaya UKT bisa berbeda, UI menegaskan secara akademis tidak ada perbedaan perlakuan berdasarkan Biaya Pendidikan yang dibayarkan. UI juga menjamin tidak ada mahasiswa yang dikeluarkan dari UI karena Biaya Pendidikan.

Biaya Kuliah Program S1 Reguler UI sendiri dapat ditempuh melalui 3 (tiga) jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Jalur Mandiri S1 Reguler yang pelaksanaannya dengan SIMAK UI. Program S1 Reguler UI terbatas untuk pendaftar lulusan SMA dan sederajat dengan maksimal 3 tahun kelulusan, contoh SBMPTN 2021 dapat diikuti lulusan tahun 2021, 2020 dan 2019. Besaran biaya UKT UI 2021 dengan "BOP Pilihan" Seperti dijelaskan, BOP Pilihan adalah mekanisme pembebanan Biaya Pendidikan yang ditentukan sendiri oleh penanggung biaya pendidikan didasarkan pada semangat untuk berpartisipasi dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas di UI. Calon mahasiswa batu dapat memilih besaran biaya pendidikan sesuai dengan pilihan yang telah disediakan. Setelah memilih besaran biaya pendidikan pada BOP Pilihan, mahasiswa dapat langsung melakukan proses pembayaran Biaya Pendidikan.

 

 Biaya Kuliah Prosedur untuk BOP Pilihan, yaitu: Registrasi: Calon mahasiswa batu yang diterima, login di website penerimaan.ui.ac.id untuk konfirmasi pilihan biaya pendidikan. Memilih pembayaran biaya pendidikan: Calon mahasiswa memilih kelas BOP Pilihan sesuai dengan keinginan penanggung biaya pendidikan. Pengumuman penetapan biaya pendidikan: Pembayaran biaya pendidikan melalui sistem host to host. Pilihan biaya BOP Pilihan tahun 2021 Rumpun Sosial Humaniora Kelas 5: Rp 17,5 juta Kelas 4: Rp 15 juta Kelas 3: Rp 12,5 juta Kelas 2: Rp 10 juta Kelas 1: Rp 7,5 juta Rumpun Sains, Teknologi, Kesehatan Kelas 5: Rp 20 juta Kelas 4: Rp 17,5 juta Kelas 3: Rp 15 juta Kelas 4: Rp 12,5 juta Kelas 1: Rp 10 juta Baca juga: BCA Buka Beasiswa Penuh Kuliah Bisnis Perbankan untuk Lulusan SMA-SMK Besaran biaya UKT UI 2021 dengan "BOP Berkeadilan" BOP Berkeadilan merupakan mekanisme penetapan Biaya Pendidikan mahasiswa S1 Reguler berdasarkan kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan.

 

Prosedur untuk BOP Berkeadilan, yaitu: Registrasi: Calon mahasiswa baru yang diterima, login di website penerimaan.ui.ac.id untuk konfirmasi pilihan biaya pendidikan. Melengkapi berkas: BOP Berkeadilan adalah penetapan Biaya Pendidikan sesuai dengan kemampuan bayar penanggung jawab Biaya Pendidikan, dilengkapi dengan formulir dan berkas yang telah ditentukan. Validasi dan verifikasi: Validasi dan verifikasi berkas penentuan besaran Biaya Pendidikan. Pengumuman penetapan Biaya Pendidikan: Pembayaran biaya pendidikan melalui sistem host to host. Baca juga: Beasiswa D3-S1 Pertamina Foundation 2021, Beri Biaya Kuliah dan Hidup Pilihan biaya BOP Berkeadilan tahun 2021 Rumpun Sosial Humaniora Kelas 6: Rp 4-5 juta Kelas 5: Rp 3-4 juta Kelas 4: Rp 2-3 juta Kelas 3: Rp 1-2 juta Kelas 2: Rp 500.000 - Rp 1 juta Kelas 1: Rp 0 - Rp 500.000 Rumpun Sains, Teknologi, Kesehatan Kelas 6: Rp 6-7,5 juta Kelas 5: Rp 4-6 juta Kelas 4: Rp 2-4 juta Kelas 3: Rp 1-2 juta Kelas 2: Rp 500.000 - Rp 1 juta Kelas 1: Rp 0 - Rp 500.000

Untuk mengajukan BOP Berkeadilan, ada sejumlah berkas yang diperlukan. Sebagai informasi, untuk pengajuan pilihan BOP Berkeadilan tidak secara otomatis akan disetujui. UI perlu melakukan verifikasi dan penilaian terlebih dahulu sebelum ditetapkannya keputusan atas Biaya Pendidikan yang harus dibayarkan. Untuk mendukung proses verifikasi dan penilaian tersebut, diperlukan berkas pendukung yang dapat menggambarkan kondisi Penanggung Biaya Pendidikan calon mahasiswa. Untuk informasi lengkap seputar berkas pendukung yang disyaratkan, dapat melihat langsung laman resmi UI. Mahasiswa yang terbukti memberikan keterangan yang salah akan diberikan sanksi berupa pembebanan dua kali lipat biaya pendidikan batas atas kelas BOP Berkeadilan tertinggi dari masing-masing rumpun.

 (Juft/VIVA)

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  

loading...